Konglomerat Tiongkok Ini Telah Resmi Menebus 20 Persen Saham Atletico Madrid, Siapa Dia?

  • Share
Wang Jianlin
Wang Jianlin

NGONOO.com –  Wang Jianlin adalah seorang pengusaha asal Tiongkok, ia telah mencapai kesepakatan untuk membeli 20 persen saham klub sepak bola asal Spanyol, Atleico Madrid dengan biaya mencapai 45 juta euro. Wang Jianlin Ini menjadi perusahaan China pertama yang berinvestasi di sebuah klub sepak bola top Eropa. Namun masih banyak yang belum mengenal sosok dari pria berusia 60 tahun ini.

Sedikit mengenai Wang Jianlin. Dia menjadi orang kedua dalam daftar orang terkaya Tiongkok. Dengan kekayaan mencapai 19 miliar dolar menurut Forbes, pria berusia 60 tahun ini membangun usahanya di bidang real estate, dengan mayoritas sahamnya di Wanda Commercial Properties ditaksir berada di kisaran 15 miliar dolar.

Wang Jianlin atletico madrid
Wang Jianlin Membeli Saham Atletico Madrid

Ini akan menjadi kesempatan emas bagi para pemain muda Cina untuk bisa berlaga di tanah Spanyol yang disebut-sebut sebagai kiblatnya sepakbola dunia. “Investasi ini tidak hanya akan memberikan kesempatan emas bagi pemain muda Cina dikirim ke luar negeri oleh Wanda yang akan dipilih oleh sebagai klub sepak bola favorit di Eropa khususnya di Spanyol,” kata Wang dalam sebuah pernyataan.

Bagi Atletico ini menjadi berkah, setelah musim sebelumnya meraih gelar La Liga dan berhasil lolos kebabak final Liga Champions. Namun, klub telah berjuang secara finansial dalam beberapa tahun terakhir, dan telah menimbulkan lebih dari 500 juta euro utang klub. Dengan datangnya salah satu orang terkaya di Cina, diharapkan Mr Wang bisa membawa penggemar baru dari pasar Asia yang menguntungkan.

 

Gambar: Wang Jianlin via goal

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.