Ini Dia Penampakan Robot Berbentuk Kelelawar

  • Share

NGONOO.com – Semakin berkembangnya teknologi dalam pembuatan robot, semakin banyak pula bentuk-bentuk robot baru yang diadaptasi dari makhluk hidup seperti manusia maupun binatang.

Belum lama ini Ilmuwan dari Swiss menciptakan robot yang terinspirasi dari bentuk binatang. Mereka menciptakan robot berbentuk kelelawar. Sebuah robot yang dipadukan dengan drone ini diberi nama DALER alias Deployable Air-Land Exploration Robot. DALER diciptakan oleh tim dari Laboratory of Intelligent Systems (LIS), Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL), dan National Centre of Competence in Research (NCCR) Robotics.

Robot ini memang belum bisa mendarat atau bergantung di dahan seperti kelelawar. Tapi ia memiliki rangka sayap yang bisa dilipat atau dikerutkan seperti sayap binatang yang aktif di malam hari ini.

Selain untuk terbang, sayap robot ini bisa dipakai untuk berjalan. Saat berjalan, ada bilah-bilah kecil di ujung sayap yang berputar seperti roda yang membuat si robot bisa bergerak maju.

robot kelelawarimage dok. EPFL

Tim pembuat DALER memakai bahan pelapis tubuh yang lembut untuk melindungi ‘anatomi’ robot itu. Bobotnya juga ringan, supaya si robot bisa berjalan atau terbang dengan mudah.

Robot DALER ini mampu terbang dengan kecepatan 20 meter per detik dan berjalan secepat 6 centimeter per detik. Meski begitu, diharapkan dalam perkembangannya nanti DALER dapat berperan dalam penanganan bencana alam.

Karena dalam situasi bencana misalnya, DALER akan bisa diandalkan untuk terbang ke area yang sulit dijangkau oleh regu penolong. Robot ini bisa berjalan untuk melokalisir korban sehingga membantu regu penolong dalam menemukan korban.

Wih keren ya gaes. Semoga kedepannya robot DALER ini akan semakin berkembang dan bisa berguna bagi banyak orang 🙂

bat via Shutterstock

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.