Jam Kerja Karyawan Xiaomi Ternyata Gila-Gilaan

Cowok Lagi Banyak Kerjaan
Cowok Lagi Banyak Kerjaan

Xiaomi, perusahaan asal China ini memang termasuk perusahaan yang bisa dibilang fenomenal. Bagaimana tidak, perusahaan baru dalam bidang mobile device ini mampu menjelma menjadi salah satu perusahaan tersukses, bahkan banyak yang mengatakan kalau Xiaomi mengekor dari dua rivalnya yang udah lama terjun dalam bisnis ini, Apple dan Samsung.Hasil yang dicapai oleh Xiaomi tentunya bukan hasil yang diperoleh tanpa kerja keras. Semua perusahaan sukses pastilah bekerja sangat keras dengan tingkat disiplin yang sangat tinggi agar mereka bisa mencapai kesuksesan dan mempertahankan kesuksesan tersebut.

Hal tersebut sama juga dengan yang dialami oleh Xiaomi gais, perusahaan ini menerapkan etos kerja yang sangat tinggi bagi seluruh karyawannya. Salah satu caranya adalah menerapkan jam kerja yang bisa dibilang gila-gilaan.

Menurut Vice President Xiaomi, yaitu Hugo Barra yang diwawancarai oleh BBC dan yang kami kutip dari Bussines Insider menyatakan bahwa jam kerja standar Xiaomi adalah dimulai dari pukul 09.30 sampai dengan pukul 21.30. Edan gak tuh gais? Waktu kerja normal yang biasanya rata-rata hanya 8 – 9 jam tidak berlaku di Xiaomi, mereka malah menerapkan waktu kerja selama 12 jam.

VP Xiaomi Hugo Barra
VP Xiaomi Hugo Barra

Jam kerja Xiaomi yang dimulai dari pukul 09.30 sampai 21.30 tersebut juga masih ditambah waktu satu jam untuk waktu makan siang. Namun pada prakteknya, malah sekitar 80% karyawan masih akan tetap stay di kantor sampai pukul 23.00. Mereka mengerjakan sesuatu yang mereka anggap penting untuk segera diselesaikan, sehingga mereka rela menghabiskan waktu lebih lama lagi di kantor untuk bekerja, edan juga ya gais?

Etos kerja Xiaomi tersebut memang kurang lebih sama dengan etos kerja yang diterapkan perusahaan saingannya, yaitu Apple. Apple sendiri juga menerapkan kedisiplinan dalam hal waktu dengan tingkat yang sangat tinggi. Bahkan para karyawan Apple harus segera merespon email yang masuk walaupun email yang dikirimkan masuk pada waktu pagi-pagi buta. Tidak hanya itu, pada hari minggu malam juga merupakan waktu kerja, karena karyawan Apple harus mempersiapkan segala sesuatunya yang dipakai untuk meeting executive pada Senin paginya.

Dengan etos kerja yang sangat disiplin tersebut tidak heran jika Xiaomi dan juga Apple menjelma menjadi salah satu perusahaan papan atas dalam bidang teknologi. Tapi seharusnya jangan hanya memikirkan laba perusahaan saja, investasi penting untuk jangka panjang yang juga penting adalah kesehatan dari tubuh para karyawannya, kalau pada sakit masal kan malah pada gak bisa kerja dan malah bikin perusahaan merugi.

Gambar: Cowok Lagi Sibuk Kerja via Shutterstock

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.