Musim Ujan Yang Dingin Bisa Bantu Proses Diet Lho

  • Share

Di Indonesia awal tahun sudah pasti identik dengan musim hujan ya gaes. Hujan pun akan lebih sering menghiasi hari-hari kita. Selain sering diidentikkan dengan kenangan masa lalu dan galau-galauan, rintikan air hujan akan menimbulkan hawa yang dingin.

Hawa dingin yang muncul karena musim hujan ga cuma bikin kita sembunyi dibalik selimut lho. Buat kamu yang lagi pengen menguruskan berat badan alias diet, hawa dingin ternyata bisa membantu proses dietmu.

Lho kok bisa? Kan biasanya kalo dingin itu jadi pengen ngemil, terus bisa nambah gendut. Eiits nanti dulu, ternyata ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa terkena suhu dingin atau menggigil bisa membantu tubuh memproduksi zat pembakar lemak, yang dikenal sebagai brown fat.

shutterstock_187106519

Jika white fat diketahui menyimpan energi, maka brown fat dikenal sebagai pembakar energi. Sekitar 50 gram brown fat dapat membakar hingga 300 kalori per hari, jumlah yang sama dari energi yang disimpan oleh 50 gram white fat.

Studi ini diungkapkan oleh Dr Paul Lee, dari University of Sydney, Australia, melalui jurnal Cell Metabolism. Studi lainnya yang dilakukan oleh ilmuwan asal Belanda, Dr Wouter van Marken Lichtenbelt, juga menyimpulkan hal yang sama. Ia menyebutkan bahwa suhu ruangan yang lebih rendah alias lebih dingin, secara signifikan dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar, bukannya disimpan sebagai lemak.

Nah, ternyata hawa dingin ada manfaatnya juga kan gaes. Tapi kalo kamu pengen dietmu sukses, jangan cuma nongkrong di tempat adem atau malah ujan-ujanan doang dong. Teteep harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur ya 🙂

perutdiet via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.