Pria Ini Ciptakan Black Barbie, Barbie Khas Nigeria

  • Share

NGONOO.com – Boneka Barbie selalu identik dengan boneka berambut panjang pirang, berwajah cantik, dan berkulit putih. Barbie pun menjadi idola anak-anak perempuan di hampir seluruh dunia.

Namun ternyata ada boneka Barbie yang lain dari Barbie biasanya. Boneka ini merupakan Barbie versi kulit hitam, atau disebut dengan Black Barbies. Black Barbies diciptakan oleh seorang pria asal Nigeria bernama Taofick Okoya. Boneka ini telah diproduksi sejak delapan tahun lalu. Hingga sampai saat ini semakin populer dan penjualannya bahkan melebihi Barbie versi standar.

Dibuatnya Black Barbies ini berawal dari cerita tentang putri Okoya. Dulu putri kesayangannya sempat bersedih hingga memohon dan berharap andaikan dirinya berkulit putih. Permintaan itu tidak lain karena ia senang bermain boneka yang kebanyakan menggambarkan orang yang berkulit putih.

Queens-Africa-Dolls-Outsell-Barbie-Nigeriaimage via popsugar.com

Saat itu, Okoya menyadari, semua boneka yang dimainkan anaknya berkulit putih. Ia pun pernah mencari boneka kulit hitam di pasaran, tapi tidak menemukannya. Melihat putrinya yang bersedih, hati Okoya pun tergerak.

Ia kemudian memiliki rencana menciptakan boneka berkulit hitam sekaligus mewakili budaya Afrika, khususnya Nigeria. Boneka yang ia ciptakan memiliki kulit cokelat, aksesori rambut, dan rambut bermodel etnik. Tampilan itu disesuaikan dengan budaya Nigeria. Setiap versi boneka Tokoya pun memiliki makna dan namanya masing-masing, seperti Nneeka dari Igno yang melambangkan cinta, Wurola dari Yuroba untuk ketangguhan, dan Azeezah dari Hausa yang melambangkan kedamaian. Semua boneka disertai hashtag #BringBackOurGirls sebagai rasa simpati terhadap 200 lebih anak Nigeria yang diculik tahun lalu.

Keyakinan Okoya akan ‘kulit hitam itu cantik’ pun berbuah manis. Kini hampir seluruh gadis kecil berkulit hitam di seluruh dunia bisa memiliki boneka Barbie yang benar-benar menggambarkan fisik cantik mereka.

image via netsuthep / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.