Mungkinkah Smartphone Pertama Yang Menggunakan Sensor Iris Adalah ViewSonic V55?

Mata Cowok Lagi Dipindai
Mata Cowok Lagi Dipindai

Saat ini sebuah keamanan dalam dunia smartphone adalah suatu hal yang sangat penting sekali. Berbeda dengan jaman dulu yang hanya menggunakan kode numeric untuk bisa membuka smartphone yang dikunci, maka saat ini teknologi kemanan dalam smartphone lebih ditingkatkan lagi.

Tentu saja hal tersebut sangat disambut dengan baik oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia. Siapa sih yang pengen smartphone-nya mudah “dibajak” oleh orang lain? Mungkin untuk saat ini hanya teknologi sensor sidik jari yang dianggap paling aman untuk melindungi smartphone dari tangan jahil,tapi nyatanya teknologi tersebut masih bisa diakali dengan berbagai macam cara.

Setelah sidik jari, maka teknologi keamanan lain yang bisa dibilang lebih aman adalah teknologi sensor iris. Dan disebut-sebut ada satu pabrikan yang bukan pabrikan smartphone tapi malah akan menghadirkan sensor iris pertama di dunia sebagai sistem keamanan smartphone. Pabrikan tersebut adalah ViewSonic. Mungkin kalian sudah akrab dengan merek ViewSonic ini gais? Biasanya sih bikin LCD buat komputer gitu.

Sensor Iris
Sensor Iris

Ternyata ViewSonic ingin mencoba peruntungannya dalam persaingan smartphone gais, yaitu melalui senjata andalannya ViewSonic V55. Dimana ViewSonic V55 inilah yang akan menggunakan sensor iris sebagai sistem keamanannya. Sensor iris memungkinkan hanya penggunanya saja yang bisa mengakses smartphone mereka, karena untuk membuka kunci menggunakan sensor yang memindai mata penggunanya, canggih kan gais?

ViewSonic V55
ViewSonic V55

Scanner sensor iris yang ada di smartphone ViewSonic V55 ini berada di sebelah pojok kanan atas. Berbeda dengan scanner sensor sidik jari yang selalu terekspos, scanner sensor iris ini akan tersembunyi dari penglihatan. Jadi jika nanti pengguna akan melakukan pemindaian dengan sensor iris, maka mereka harus membuka penutup scanner sensor iris terlebih dahulu. Kalau nanti penutup scanner sensor irisnya udah terbuka maka akan ada lampu yang hidup yang menandakan bahwa scanner sensor iris sudah aktif.

Scanner Sensor Iris Pada ViewSonic V55
Scanner Sensor Iris Pada ViewSonic V55

Menariknya lagi nih gais, scanner sensor iris ini gak hanya berguna buat membuka smartphone yang terkunci aja loh, melainkan bisa juga digunakan untuk memproteksi file-file dan folder-folder yang ada di dalam smartphone. Data penting penggunanya bakalan aman sentosa deh pokoknya.

Buat yang suka foto-foto, smartphone ViewSonic V55 ini juga akan dilengkapi dengan lensa-lensa yang bisa diganti sesuai kebutuhan. Lensa tersebut nanti bisa dipasang di kamera belakang smartphone buatan Sony yang mempunyai resolusi 13MP . Oke kan gais?

Spesifikasi dari smartphone ViewSonic V55 ini tergolong spesifikasi high-end gais, itu artinya spesifikasi kelas atas. Seperti prosesor quad-core Snapdragon 410 64-bit, RAM sebesar 2GB, memory internal 16/32GB, GPU Adreno 306 dan display berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixel dan dengan dukungan jaringan 4G LTE.

Kemungkinan smartphone ini akan dipasarkan pada awal tahun ini gais, tapi belum tau juga harganya berapaan. Mengingat ini smartphone high-end dengan teknologi sensor iris, mungkin harganya akan mahal.

Gambar: Mata Cowok Lagi Dipindai via Shutterstock

Radityo

Radityo

Total posts created: 4689
Ummm Emmmm ya gitu lah pokoknya, kalau penasaran mending kenalan aja ;p

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *