Dampak Buruk Dari Penggunaan AC Bagi Tubuh

  • Share
Ruangan Ada AC
Ruangan Ada AC

NGONOO.com – Walaupun sekarang lagi musim hujan, tapi di beberapa daerah masih juga terjadi hujan yang tidak merata. Dan bahkan jika siang hari, sinar matahari bisa sangat menyengat. Kalau udah panas gitu kan bikin gerah ya gais, enaknya sih ngadem di ruangan yang ber-AC.

Ruangan ber-AC memang menjadi primadona jika panas terik sedang melanda, dengan begitu badan akan menjadi sejuk dan tentu aja tidak bakal kegerahan. Kalau jaman dulu sebelum ada AC, menghilangkan rasa gerah bisa pakai kipas angin. Tapi terlalu lama pakai kipas angin juga tidak bagus buat kesehatan, malah terkadang bisa bikin masuk angin gais.

Begitupula dengan pemakaian AC yang terlalu lama, memang badan menjadi sejuk, tapi ternyata tidak bagus juga buat kesehatan badan. Saat ini hampir semua kantor sudah menggunakan AC, bukan hanya kantor, rumah sakit dan rumah juga sudah banyak yang menggunakan AC untuk menyejukan ruangan.

Cewek Lagi Sakit Karena Terlalu Banyak Berada di Ruang ber-AC
Cewek Lagi Sakit Karena Terlalu Banyak Berada di Ruang ber-AC

Memang masih belum banyak yang mengetahui dampak dari penggunaan AC, oleh karena itu akan kami kasih tau apa aja sih dampak yang bisa ditimbulkan dari penggunaan AC yang terlalu berlebih. Berikut informasi lebih lengkapnya gais.

1. Menyebabkan Sakit Kepala dan Kelelahan

Menurut penelitian, orang yang terlalu lama bekerja pada ruangan yang ber-AC bisa mengalami sakit kepala kronis dan bisa menimbulkan kelelahan. Tidak hanya itu, orang yang bekerja pada ruangan ber-AC juga bisa mengalami iritasi selaput lendir dan sesak napas.

2. Mengakibatkan Kulit Menjadi Kering

Terlalu lama berada di ruangan ber-AC akan menyebabkan kulit menjadi kering, kalau kulit udah kering kan bikin gak enak dipandang, apalagi dipegang. Untuk menyiasatinya, kalian bisa mengoleskan lotion pelembab kulit ke atas permukaan kulit kalian gais.

3. Bisa Memperparah Penyakit

Dampak buruk AC yang lainnya adalah bisa meningkatkan beberapa penyakit yang sudah terlebih dahulu diderita. AC juga terkenal bisa meningkatkan gejala tekanan darah rendah, arthritis, dan neuritis.

4. Menyebabkan Sulit Bertahan di Suhu Yang Panas

Orang yang setiap hari selalu berada di ruangan ber-AC ternyata bisa menyebabkan tubuhnya menjadi tidak bisa menyesuaikan diri pada suhu yang panas. Bahkan pada kasus terburuk, hal ini bisa menyebabkan kematian lantaran tubuh tidak bisa menyesuaikan dari suhu dingin ke suhu yang panas.

5. Masalah Pernapasan

AC yang ada di dalam mobil ternyata mengandung banyak kuman dan juga mikroorganisme yang bisa menimbulkan permasalahan pada pernafasan. Selain itu, AC ternyata juga mengandungĀ ligionairre, suatu penyakit menular yang dibawa oleh udara. Penyakit ini bisa menyebabkan demam tinggi dan radang paru-paru.

Itu gais beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh AC. Sebaiknya jika kalian memang diharuskan untuk selalu berada pada ruangan yang ber-AC sebisa mungkin kalian menyempatkan diri untuk keluar di ruangan terbuka. Dengan begitu tubuh juga akan terasa lebih segar. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat gais.

Gambar: Ruangan Yang Ada AC via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.