Mall Mewah Ini Berubah Jadi Kolam Ikan

  • Share

NGONOO.com – Di Bangkok, Thailand terdapat sebuah bangunan yang dahulunya adalah mal mewah yang kini terlantar. Bangunan mal bernama The New World. Sekarang bangunan megah ini menjadi kolam yang dihuni berbagai jenis ikan.

Bangunan mal tersebut mengalami masa kejayaannya sejak dibangun pada tahun 1982-an. Namun kemudian ditinggalkan sejak tahun 1997. Bangunan bertingkat empat ini sudah kehilangan atapnya, dan dibanjiri air setinggi 2-3 meter ketika musim hujan.

bangkok-shopping-mall-fish-7[2]image via reuters

Pada awalnya, The New world dibangun setinggi 11 tingkat, dan menjadi salah satu bangunan tertinggi di sedaerah tersebut. Namun kemudian terungkap bahwa pengembang hanya memiliki izin untuk membangunnya setinggi empat lantai. Pada tahun 1997, Mahkamah Agung Thailand memerintahkan pembongkaran perpanjangan lantai tujuh pusat perbelanjaan ini dan meninggalkan lubang menganga di atap.

bangkok-shopping-mall-fish-1[6]image via reuters

Selama bertahun-tahun, hujan mengubah lantai dasar mal ini menjadi kolam. Karena tergenang air, maka banyak pula nyamuk berkembang biak di tempat ini. Penduduk sekitar pun berinisiatif memanfaatkan genangan air di dalam mal tersebut sebagai tempat memelihara ikan. Selain agar bisa memangsa nyamuk, ikannya pun bisa dimanfaatkan para warga.

bangkok-shopping-mall-fish-4[2]image via reuters

Dan setiap musim panen ikan tiba, kolam di The New World ini menjadi surga bagi para ‘nelayan’ dadakan yang hendak mencari tambahan penghasilan dengan memanen ikan.

Tapi kalau diliat-liat, tempatnya agak serem juga ya gaes. Jangan-jangan kalau siang buat melihara ikan, kalo malem buat uji nyali, hiii 😐

image via estherpoon / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.