Daftar 10 Stadion Sepakbola Terbesar Yang Ada Di Eropa

  • Share
Stadion Terbesar di Eropa
Camp Nou StadiumStadion Terbesar di Eropa

NGONOO.com – Stadion sepak bola tidak hanya sebagai tempat latihan atau berlangsungnya pertandingan besar dalam sebuah kejuaraan. Stadion juga merupakan simbol atau identitas dari sebuah klub sepak bola itu sendiri. Eropa yang selama ini dikenal sebagai kiblat sepak bola tentu banyak memiliki stadion-stadion yang terkenal dan megah.

Di Eropa jelas memberikan perhatian lebih terhadap olah raga tersebut. Selain kepada pemain, perhatian tersebut juga ditujukan pada infrastruktur yang mereka miliki, utamanya stadion. Lalu stadion Eropa mana saja yang masuk dalam 10 stadion terbesar saat ini?. Dan berikut ini adalah daftar 10 stadion terbesar di Eropa.

 

  • Alianz Arena

Stadion ini memiliki kapasitas sebesar 71.437 kursi dan juga sebagai markas dua klub TSV 1860 Munchen dan FC Bayern Munchen. Stadion ini menjadi saksi kala Chelsea merebut gelar Liga Champions untuk pertama kalinya dengan mengalahkan pemilik stadion yakni Bayern Munchen.

Lampu yang berada dinding luar stadion akan menyala dengan warna-warna berbedaa sesuai dengan warna klub yang bertanding saat itu. Merah untuk Bayern, Biru untuk 1860 Munich, dan Putih untuk timnas Jerman.

allianz arena
Allianz Arena, Munchen
  • Olimpico Roma

Stadion Olimpiade Roma adalah stadion serbaguna yang terletak di Roma, Italia. Stadion ini memiliki kapasitas 82.307 kursi. Stadion ini merupakan kandang dari dua klub sepak bola asal kota Roma yaitu S.S. Lazio dan AS Roma. Dan Stadion ini juga pernah menggelar final Liga Champions 2009 dimana Manchester United bertemu dengan Barcelona, dimana Barca dengan tiki takanya keluar sebagai juara.

Olimpico Roma
Olimpico Roma
  • Olympiastadion

Stadion yang bernama Olympiastadion terletak di Berlin, Jerman. Stadion yang menjadi markas Hertha Berlin itu memiliki kapasitas 74,228 kursi. Stadion ini juga akan menjadi tempat digelarnya Final Liga Champions 2014/2015.

Olimpiade Stadion
Olimpiade Stadion, Hertha Berlin
  • Old Trafford

Stadion sepak bola yang terletak di Old Trafford, Manchester Raya, Inggris dan merupakan stadion milik klub Liga Inggris, Manchester United. Stadion ini menjadi milik permanen Manchester United sejak tahun 1910 dan diberi julukan The Theatre of Dreams oleh Sir Bobby Charlton. Stadion ini memiliki kapasitas 75.765.

Old Trafford
Old Trafford, Manchester
  • Ataturk Olympic Stadium

Ataturk Olympic Stadium adalah stadion sepak bola yang terletak di kota Istanbul, Turki. Stadion ini berkapasitas 76.092 kursi, kini menjadi kandang dari klub sepak bola Turki, Besiktas setelah sebelumnya ditempati oleh Galatasaray.

Ataturk Olympic Stadium
Ataturk Olympic Stadium, Turki
  • Luzhniki Stadium

Stadion ini menjadi markas dua klub asal Rusia CSKA Moscow dan Spartak Moscow. Stadion ini memiliki kapasitas 78.360 kursi dan terbesar di Rusia.

Luzhniki Stadium
Luzhniki Stadium, Rusia
  • San Siro/Giuseppe Meazza

Stadion yang diresmikan pada tanggal 19 September 1926 ini awalnya markas Ac Milan kemudian saudara muda mereka Inter Milan memakai Stadion ini juga dengan memakai nama Giuseppe Meazza. Stadion berkapasitas 80.018 kursi ini hampir selalu terisi penuh.

San Siro
San Siro, Milan
  • Signal Iduna Park

Stadion yang menjadi markas Borussia Dortmund sejak 1974 ini memiliki kapasitas 80.645 kursi, menjadi salah satu yang terbesar di Eropa. Suporter Borussia Dortmund yang fanatisme dan kreativ tersebut sering kali menunjukan koreo yang membuat berdecak kagum.

Signal Iduna Park
Signal Iduna Park, Borussia Dortmund
  • Santiago Bernabeu

Stadion yang menjadi markas klub elit Spanyol, Real Madrid ini memiliki kapasitas 85.454 kursi dan beragam fasilitas modern di dalamnya. Baru-baru ini ada kabar mengatakan bahwa stadion timnas Spanyol itu akan dirubah namanya menjadi Abu Dhabi Santiago Bernabeu.

Santiago Bernabeu
Santiago Bernabeu, Real Madrid
  • Camp Nou

Camp Nou adalah stadion sepak bola di Barcelona, Spanyol. Stadion ini mulai dibuka tahun 1957 dan menjadi rumah bagi klub sepak bola Fc Barcelona. Sempat menjalani beberapa renovasi dengan menambah kapasitas kursi, kini kapasitasnya mencapai 99.354 kursi dan salah satu yang terbesar di Eropa.

Camp Nou
Stadion Camp Nou, Barcelona

 

 

 Gambar: Stadion Camp Nou via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.