Apple Menambahkan Sub-kategori Umur di App Store Demi Tumbuh Kembang Anak Kecil

Ayah dan Anak Lagi Ngegame Pakai Tablet

Perkembangan permainan anak kecil memang telah bergeser. Kalau jaman dulu sih anak kecil mainannya petak umpet, gobak sodor, boi-boinan, lompat tali, masak-masakan, dan masih banyak lagi permainan anak kecil.

Tapi kalau anak kecil jaman sekarang mainannya udah gadget. Minta dibeliin smartphone atau tablet hanya untuk bermain game. Ya memang tidak bisa menyalahkan perkembangan jaman juga sih, namun para orang tua harus dituntut untuk lebih aktif lagi dalam mengawasi anak-anaknya dalam bermain gadget.

Seperti yang udah diketahui, banyak banget bermacam-macam game yang bisa didonlot, baik itu lewat Google Play Store maupun lewat App Store. Game tersebut tentu aja gak semuanya cocok buat anak kecil ya gais, misalkan aja ada game yang mempunyai konten kekerasan gitu, kan gak bagus juga buat tumbuh kembang anak kecil.

Oleh karena hal itulah, sekarang Apple memberikan sub-kategori baru dalam game-game yang ada di Game for Kids. Tepatnya sih ada tiga sub-kategori baru gais, yaitu “Ages 5 & Under, Ages 6 – 8, dan Ages 9 – 11.” Semua game atau aplikasi yang ada dalam sub-kategori tersebut sudah disaring oleh Apple, sehingga developer aplikasinya tidak akan bisa memperoleh data pribadi dari anak yang umurnya kurang dari 13 tahun tanpa ada bimbingan dari orang tuanya.

iTunes Game For Kids
iTunes Game For Kids

Game dan aplikasi yang ada pada sub-kategori untuk anak yang paling muda sangat mendukung perkembangan otak anak tersebut, misalnya aja nih ada game atau aplikasi yang belajar tentang bentuk, warna, dan juga suara. Game dan aplikasi pada sub-kategori untuk yang lebih tua lagi berisi puzzle dan juga pembelajaran tentang peralatan-peralatan. Pokoknya semua game dan aplikasi yang ada pada masing-masing sub-kategori udah disesuaikan dengan umurnya gais, keren kan.

Apple juga menawarkan e-book yang berisi 20 halaman secara gratis yang diberi judul “Family Time with Apps”. E-book tersebut berisi tentang tips yang dapat digunakan oleh orang tua agar mereka dapat memilih aplikasi yang tepat untuk anaknya dan bagaimana aplikasi tersebut dapat memberikan pengalaman bersama dengan anaknya.

Menarik juga ya gais langkah yang dilakukan Apple agar anak dapat bermain game dan juga mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan umurnya, dan yang tidak kalah penting adalah bisa dipakai untuk belajar si anak.

Gambar: Ayah dan Anak Lagi Ngegame Pakai Tablet via Shutterstock

Radityo

Radityo

Total posts created: 4689
Ummm Emmmm ya gitu lah pokoknya, kalau penasaran mending kenalan aja ;p

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *