Pesawat Ini Bentuknya Mirip Ikan Paus

  • Share

NGONOO.com – Buat bro n sest yang sering bepergian naik pesawat, pasti sudah hafal dong sama bentuk pesawat yang aerodinamis menyerupai burung ketika terbang. Tapi gimana ya kalo ada pesawat yang bentuknya seperti ikan paus? Pasti belum pernah lihat kan?

Nah ternyata di dunia ini ada pesawat yang bentuknya menyerupai ikan paus. Namanya Airbus A300-600ST, atau sering disebut dengan Beluga. Sebutan Beluga sendiri dikarenakan pesawat ini terlihat seperti “Beluga” paus putih di kawasan Arktik. Beluga adalah pesawat jet transporter berukuran super yang merupakan buatan produsen pesawat di Eropa.

Pesawat ini terlihat berbeda karena bentuknya yang aneh. Bagian kokpit dibuat lebih rendah. Bagian atap pesawat juga dipotong dan diberi ruang tambahan yang menyebabkan berbentuk menggelembung seperti punuk paus.

pesawat belugaimage via CNN travel

Karena memiliki bentuk yang unik dan tak biasa, sayap pesawat ini tentu juga berbeda. Ia memiliki sayap atau biasa disebut sirip dengan pengatur keseimbangan khusus. Letaknya ada di sekat ekor pesawat.

Beluga memang bukanlah pesawat yang mementingkan penampilan. Karena fungsi utama pesawat ini adalah sebagai pesawat kargo. Tapi di balik rupanya yang buruk itu, Beluga bisa menyimpan kargo hingga 47 ton yang luasnya lebih dari 1400 meter kubik. Setara dengan isi 671 orang, 36 mobil atau tujuh gajah. Dengan rentang penerbangan 900 mil laut.

pesawat beluga 3image via CNN travel

Pesawat yang juga disebut sebagai paus putih langit ini sering digunakan untuk mengangkut suku cadang pesawat. Selain itu Pada tahun 2006, ternyata Beluga pernah disewa untuk membawa kontainer yang berisi patung Firaun setinggi 5 meter. Pesawat ini membawanya dari Berlin menuju Paris.

Beluga whale via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.