Ferrari FXX K, Hypercar Dengan Tenaga 1036 Horse Power

  • Share
Mesin Mobil Ferrari
Mesin Mobil Ferrari

Kata apa yang terlintas jika mendengar kata Ferrari? Kecepatan, mobil eksotis, mahal, atau kata yang lainnya? Tapi memang Ferrari identik dengan itu semua kok gais. Pabrikan kuda jingkrak asal Italia ini memang salah satu pabrikan yang memproduksi mobil-mobil eksotis.

Hampir semua produksinya merupakan mobil dengan kecepatan tinggi di atas rata-rata. Karena itulah hanya orang yang punya nyali aja yang berani mengendarai mobil Ferrari, kecuali kalau cuma buat gaya-gayaan ya itu beda cerita. Namun mobil produksi Ferrari yang satu ini bener-bener keterlaluan gais, baik bentuk maupun kecepatannya.

Mobil yang dimaksud adalah Ferrari FXX K, sebuah hypercar eksotis dengan tenaga kuda selangit. Hypercar Ferrari ini juga unik gais, karena di bagian belakangnya nampak sepasang sayap namun hanya setengah aja. Biasanya kan sayap belakang mobil selalu utuh dari kanan ke kiri, namun beda dengan sayap Ferrari FXX K ini.

Sayap Belakang Ferrari FXX K
Sayap Belakang Ferrari FXX K

Tapi sayap tersebut gak hanya buat gaya-gayaan aja, karena dengan sayap itu maka akan memberi daya tekan ke bawah dan memberikan tingkat aerodinamis tinggi pada mobil. Sehingga kalau pas diajak ngebut mobil ini gak akan goyang-goyang. Bagian hidung mobil juga terlihat sangat eksotis dengan ujung yang lancip serta pendek, tentu ini akan memberikan daya tekan ke bawah dan tingkat aerodinamis yang tinggi juga.

Ferrari FXX K
Ferrari FXX K

Ferrari FXX K mempunyai mesin V-12 dengan teknologi Kers. Kalian yang hobi nonton balapan Formula 1 pasti tau sama yang namanya teknologi Kers ini. Teknologi Kers memungkinkan tenaga yang dibuang saat melakukan pengereman disimpan dan bisa digunakan untuk menambah kecepatan/booster. Canggih kan mobil keluaran Ferrari ini gais.

Yang paling edan adalah total besarnya tenaga kuda yang dihasilkan dari mesin tersebut, yaitu mencapai 1036 HP (horse power). Mesinnya sendiri bisa menghasilkan tenaga 848 HP, sedangkan dengan tambahan motor elektrik 188 HP, jadi totalnya 1036 HP. Kira-kira dengan tenaga sebesar itu bisa bikin jantungan gak ya?

Ferrari FXX K dilengkapi dengan transmisi otomatis 7 percepatan dual-clutch, serta dilengkapi juga dengan 4 mode berkendara. Yaitu Qualify, Long Run, Manual Bost, dan Fast Charge. Berhubung ini sebuah hypercar, maka keselamatan pengendara dan penumpang adalah hal yang paling utama, untuk itu Ferrari melengkapi mobil ini dengan kursi racing dilengkapi dengan sabuk pengaman ekstra kuat. Dan mungkin untuk seluruh bagian kabin akan menggunakan material carbon, yang terkenal ringan namun kuat.

Interior Ferrari FXX K
Interior Ferrari FXX K

Untuk menghentikan laju kendaraan ini digunakan rem Brembo dengan material carbon-ceramics, bagian depan menggunakan rem dengan diameter 15.7 inch sedangkan bagian belakang berukuran 15 inch. Untuk dapat melaju sempurna tentu ban yang digunakan harus ban khusus, yang dipilih adalah ban Pirelli racing slicks yang dilengkapi dengan sensor tekanan dan temperatur.

Mobil ini sendiri hanya akan dikendarai di markas Ferrari, dan masih belum tentu juga akan dijual secara umum apa tidak. Kalaupun dijual, mungkin harganya bakalan fantastis dan mungkin hanya segelintir orang aja yang akan membelinya.

Gambar: Mesin Mobil Ferrari via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.