Ini Dia Hannah Winterbourne, Tentara Transgender Pertama

  • Share

Seorang tentara tentunya identik dengan pembawaannya yang berwibawa dan tegas, entah itu tentara yang berjenis kelamin pria maupun tentara wanita. Namun apa jadinya kalau ada tentara yang transgender?

Hal ini terjadi pada salah satu tentara Inggris, Hannah Winterbourne. Dia menjadi perwira tentara angkatan darat Inggris, transgender pertama di negara tersebut. Hannah Winterbourne sendiri terlahir sebagai laki-laki. Dan di usia 27 tahun Hannah membuat keputusan berani untuk mengganti kelamin menjadi wanita.

Keputusannya untuk berganti kelamin didapat setelah bertugas di medan perang Afganistan. Hannah yang bertugas di Camp Bastion Afganistan ini merasa tidak dapat menjadi dirinya sendiri, ia merasakan tekanan psikologis dalam dirinya. Karena dia selama ini dia merasa di dalam dirinya bukanlah seorang laki-laki. Hannah melakukan operasi ganti kelamin, saat ia kembali ke North Yorkshire. Selain menjalani operasi plastik, dirinya juga menjalani terapi hormon agar dapat terlihat seperti wanita yang sesungguhnya.

tentara transgender.image via mygenderation.com

Sebelumnya Hannah memang sudah menjadi tentara laki-laki. Dia bertugas sebagai kapten di angkatan darat, Hannah tergabung dalam korps Royal Electrical and Mechanical Engineers. Korps tersebut bertugas untuk, menangani permasalahan listrik dan perbaikan di medan perang.

Hannah memilih untuk tidak mengungkapkan nama aslinya ketika ia masih menjadi seorang laki-laki, ia mengatakan bahwa itu merupakan bagian masa lalunya. Sejak kecil ia sudah merasa tidak terlahir sebagai laki-laki, Hannah merasa bahwa dirinya adalah seorang wanita.

Pada awalnya orang tua dan teman-teman disekitarnya mengkhawatirkan keputusan Hannah untuk berubah. Namun Hannah mengaku sekarang orang tua dan teman-temannya mendukungnya karena dia mampu melewati proses transformasi ini dengan baik.

transgender via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.