Menghindari Wajib Militer, Penyanyi Korea Ini Pura-pura Sakit Jiwa

  • Share

Di Korea Selatan setiap warga negaranya yang berjenis kelamin laki-laki berusia antara 20 hingga 35 tahun wajib menjalani pelatihan militer. Atau yang sering disebut dengan wamil (wajib militer). Peraturan ini pun berlaku bagi semua warganya, tak terkecuali para artis di sana.

Laki-laki Korea yang sehat jasmani dan rohani harus ikut wajib militer kurang lebih selama 2 tahun. Mereka bisa bebas dari kewajiban itu dengan alasan tertentu, namun harus bekerja di instansi pemerintah sesuai dengan masa kewajibannya untuk wajib militer . Oleh karena itu semua laki-laki yang menghindari kewajibannya akan dihukum dan mendapat kesulitan untuk mejalankan kehidupan di masyarakat dan karirnya di Korea.

Namun ada saja beberapa orang yang membuat-buat alasan untuk menghindari kegiatan wajib militer ini. Salah satunya penyanyi Korea bernama Kim Woo Joo. Dia berusaha untuk kabur dari kewajibannya dengan pura-pura sakit jiwa.

kim woo jooimage via jpopasia.com

Penyanyi kelahiran 29 Agustus 1985 itu dilaporkan telah membuat laporan palsu bahwa dirinya mengalami gangguan kejiwaan. Kim Woo Joo ternyata telah merancang rencananya dengan sangat rapi. Jaksa menemukan berkas-berkas yang menyebutkan bahwa Kim Woo Joo mendatangi klinik psikiater di RS Nasional Seoul sejak Maret 2012 hingga Mei 2014 sebanyak 42 kali.

Dilaporkan juga ketika diperiksa dokter, ia berbohong dan berakting seolah-olah punya penyakit kejiwaan. Rumah sakit mencatat sang penyanyi pernah berkata bahwa dirinya mulai melihat hantu delapan tahun yang lalu.

Memperkuat bukti soal kondisi mentalnya, selama dua minggu Woo Joo pernah dirawat di rumah sakit. Rumah sakit akhirnya mengeluarkan surat riwayat kesehatan dengan diagnosa ‘penyakit mental karena sebab yang kurang jelas’.

Surat diagnosa ini kemudian diserahkan ke bagian administrasi negara yang menangani para calon prajurit militer. Dan Kim Woo Joo pun berhasil bebas dari segala kewajiban dalam menjalani wajib militer.

Sayangnya, ia tak bisa merasa terbebas cukup lama. Seorang saksi memberitahu bagian administrasi bahwa sakit yang diderita Kim Woo Joo adalah palsu. Pada Selasa (20/1/2015), beberapa jaksa terkait kasus ini mengumumkan bahwa Kim Woo Joo menghindari panggilan wajib militer dengan membuat dirinya seolah-olah mengalami gangguan jiwa.  Kim Woo Joo pun dipanggil polisi dan akan dihukum karena perbuatannya itu.

military via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.