Vivaldi, Browser Baru Dari CEO Opera

Cowok Lagi Internetan
Cowok Lagi Internetan

NGONOO.com – Kalian pasti udah tau sama browser yang satu ini, yaitu Opera. Nah Mantan CEO dari browser Opera (sudah tidak aktif di Opera lagi) ternyata juga membuat browser baru, namanya adalah Vivaldi. Browser Opera sendiri terkenal dengan performanya yang ringan dan cepat dalam menjelajah dunia maya, lantas bagaimana dengan Vivaldi ya?

Sebelumnya, seperti di ketahui Mantan CEO Opera ini mas John S. VonTetzchner sudah membuat browser opera pada tahun 1994 kolaborasi dengan temannya. Dengan berjalannya waktu, Opera menjelma menjadi salah satu browser tercepat diantara browser-browser yang lainnya.

Nah berhubung Opera sudah ‘melangkah’ ke level selanjutnya, sang CEO ternyata menginginkan proyek lain, dimana dalam proyek tersebut akan dapat tercipta suatu browser yang kaya fungsi dan mudah untuk digunakan. Lalu jadilah browser Vivaldi ini.

Vivaldi
Vivaldi

Browser Vivaldi dibuat dari source kode Chromium, sama seperti source kode yang ada pada browser Opera. Om John sendiri juga sadar kalau dia tidak bisa membuat browser tanpa bantuan orang lain, makanya dia lantas membentuk sebuah tim kecil untuk proyek Vivaldi ini.

Lantas fitur-fitur apa aja ya yang diberikan oleh browser Vivaldi ini? Ternyata cukup banyak juga loh gais fitur-fiturnya. Di antaranya ada fitur Quick Commands, fitur ini memungkinkan kalian buat mengubah keyboard menjadi ‘scroll’. Melalui menu settings, tombol shortcut-nya juga bisa kalian atur sendiri sesuai dengan keinginan kalian.

Selain itu ada juga fitur open tab, view history, dan fitur-fitur basic lainnya. Kalian juga bisa membuat daftar speed dials. Kalau di handphone, fitur speed dials berfungsi untuk menelpon nomor tujuan dengan cepat. Berbeda hal-nya dengan speed dials yang ada di browser vivaldi, speed dials di browser ini berguna untuk membuka alamat website favorit kalian dengan cepat.

Ada lagi fitur yang ditawarkan Vivaldi buat kalian, yaitu fitur Tab Stacks. Fitur ini memungkinkan kalian untuk menyatukan semua tab yang kalian buka menjadi satu tab saja, tentunya biar tampilan browser Vivaldi bisa lebih simpel. Kan kalau dalam satu browser banyak membuka tab bisa bikin males ngelihatnya gais. Selain itu terdapat juga fitur Mail, Sync, Spatial Navigation, Performance, dan Extension.

Ini gais kalau kalian kepengin mencoba browser Vivaldi kayak gimana, buka aja webnya.

Gambar: Cowok Lagi Internetan via Shutterstock

Update:

Terima kasih Mas Yeni Setiawan @sandalian atas Koreksinya.. Tentang Pembuat Vivaldi yang mana Mantan CEO dan sudah tidak terlibat dengan Pengembangan Opera Browser yang sekarang

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.