Begini Caranya Membuat MacBook Pro Lama Menjadi Lebih Ngacir Seperti Baru

Cowok Lagi Ngetik Pakai MacBook Pro Lemot
Cowok Lagi Ngetik Pakai MacBook Pro Lemot

NGONOO.com – Kali ini kita akan berbagi tips and trick buat kalian yang mempunyai MacBook Pro lama agar bisa lebih ngacir lagi seperti MacBook Pro baru. Namun tips and trick kali ini sedikit membutuhkan biaya dan tenaga, yuk kita bahas gimana caranya.

Cara ini berhasil dilakukan oleh salah seorang pengguna reddit dengan akun ZuluZuluZuluZulu. Kalau udah ada yang berhasil melakukannya, berarti kalian juga pasti bisa gais.

Seperti yang dikatakan di atas, cara untuk membuat MacBook Pro lama bisa ngacir seperti MacBook Pro baru harus mengeluarkan biaya. Tapi tenang aja gais, biaya yang dikeluarkan gak mahal kok, yaitu gak sampai $170 atau ya sekitar 2,1 jutaan rupiah.

MacBook Pro
MacBook Pro

Sebenernya cara yang digunakan juga sangat simpel, yaitu kalian hanya harus mengganti 2 komponen yang ada dalam MacBook Pro. Komponen yang harus diganti adalah RAM yang semula berkapasitas 4GB diganti dengan RAM merek Crucial yang berkapasitas 8GB, harganya yaitu $64.99 atau sekitar 800ribuan.

Komponen lainnya yang harus diganti adalah 5200 RPM HDD  diganti dengan 256GB SSD merek Crucial juga. Harga untuk komponen yang satu ini $104.99 atau sekitar 1.3 jutaan.

Lantas dimana kalian bisa jajan kedua komponen tersebut, tinggal jajan di Amazon aja gais. Tapi ya itu harus pakai dolar, kalau pengen murah lagi ya tunggu aja sampai nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika menguat.

Untuk mengganti kedua komponen tersebut kemungkinan besar bisa dilakukan di tempat service laptop, atau tempat servis yang khusus bisa nyervis produknya Apple juga lebih oke lagi gais.

Jika nanti kedua komponen tersebut sudah diganti dan proses instalasi selesai dilakukan, tinggal bedakan aja performa MacBook Pro lama kalian, pasti terjadi peningkatan.

Pengguna akun reddit tersebut mengatakan bahwa MacBook Pro lama miliknya yang udah diupgrade memang berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Untuk proses booting hanya dibutuhkan waktu 10 detik, membuka dokumen hanya dibutuhkan waktu 5 detik, dan waktu yang dibutuhkan dari mode sleep ke mode aktif juga sangat instan alias cepat.

Kalau kalian mau menyoba cara di atas kami doakan semoga sukses dan tidak terkendala sesuatu apapun. Ingat sebelum memulai proses upgrade jangan lupa berdoa dulu biar semua lancar. Oke gais? Semoga tips tersebut bermanfaat.

Gambar: Cowok Lagi NgetikPakai MacBook Pro Lemot via Shutterstock

Responses (3)

  1. Setelah baca review sana sini, akhirnya ane nekat upgrade MBP Mid-2012 pake Corsair Vengeance 16GB (CMSX16GX3M2A1600C10) . Lumayan ngacir sih harganya 2 juta, tapi gak pernah ngelag lagi hehee. Kalo SSD nunggu tahun depan aja semoga harga segitu dapet kapasitas lebih 😀

    Karena agak susah nyarinya di Indo dan Amazon lama, ane bagi link tempat beli nih di http://rakitan.com/kategori.php?id=68

    Good luck gan hehehe

  2. Mau tanya gan, kalo mau servis dan repair mac book pro tp jangan yg resm, dimana ya gan yg bagus dan gak boong, mac book ane matot nih, secara udh ke estore ternyata mahal bingit.. ampun deh.. tolong ya gan infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.