Produk-Produk Gagal Yang Pernah Diciptakan Oleh Apple

Logo Perusahaan Apple

NGONOO.com – Hampir semua perusahaan, entah itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar pasti pernah mengalami kegagalan, termasuk kegagalan dalam bidang produksi. Hal tersebut ternyata pernah melanda Apple, salah satu perusahaan teknologi terbesar untuk saat ini.

Memang jika tidak mengalami kegagalan, maka perusahaan tersebut tidak akan belajar untuk memperbaiki produk-produknya. Begitu pula yang terjadi dengan Apple, sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar, Apple pernah mengalami kegagalan dalam produksinya, tidak hanya sekali, namun berulang-ulang kali.

Tetapi akibat dari kegagalan tersebutlah yang membuat Apple kini bisa menghasilkan produk-produk andalannya. Seperti iPod, iPhone, iPad, dan juga Mac. Kalau kalian kepingin tau apa aja produk-produk gagal yang pernah dibuat Apple, berikut ini daftarnya gais.

1. Apple III

Apple III
Apple III

Produk gagal pertama Apple yang diluncurkan pada tahun 1980 ini merupakan generasi penerus Apple II. Berbeda dengan kesuksesan Apple II, Apple III malah menuai banyak kritikan. Seperti desainnya yang terlalu gemuk, motherboard yang cepat panas, serta sistem operasi yang sering mengalami crash. Komputer Apple III ini juga merupakan komputer pertama Apple yang tidak dirancang oleh Steve Wozniak, partner kerja Steve Jobs. Apple sendiri pernah berusaha untuk memperbaiki kegagalan tersebut, yaitu dengan meluncurkan Apple III plus dan Apple IIc (versi compact Apple II) pada tahun 1984, namun tetap aja gagal.

2. Lisa

Apple Lisa
Apple Lisa

Lisa merupakan PC pertama dengan tampilan antarmuka non-teks pertama produksi Apple. Lisa sendiri diproduksi pada tahun 1983 dan sudah dilengkapi dengan GUI (Graphic User Interface) serta dioperasikan dengan mouse. Dengan semua teknologi yang diusungnya pada kala itu, Lisa bisa dibilang sebagai produk PC yang inovatif. Harga yang sangat mahal membuat PC ini tidak laku, karena hanya terjual sebanyak 10 ribu unit saja. Harga yang dibanderol sendiri mencapai $10.000, dimana tidak semua orang bisa memilikinya. Setelah itu Apple mulai memproduksi Lisa II pada tahun 1984 dengan harga $5.000, tapi sama dengan pendahulunya, PC ini juga menuai kegagalan. Pada tahun 1986, Apple memberikan penawaran kepada para pemilik Lisa untuk melakukan trade-in dengan Macintosh yang hanya dihargai sebesar $1.500 saja.

3. 20th Anniversary Mac

20th Anniversary Mac
20th Anniversary Mac

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-20 tahun, pada tahun 1997 Apple meluncurkan edisi spesial 20th Anniversary Mac. Pada kala itu, PC ini sudah menggunakan monitor LCD 12 inch, padahal pada jamannya kebanyakan komputer masih menggunakan monitor tabung CRT. Selain itu 20th Anniversary Mac juga sudah dilengkapi dengan drive CD di bagian depan, speaker stereo, subwoofer Bose, keyboard, dan juga trackpad. Memang dengan embel-embel edisi spesial ulang tahun, 20th Anniversary Mac dijual dengan harga $7.500 dan ternyata malah mengalami kegagalan. Produksi 20th Anniversary Mac juga dibuat terbatas, yaitu hanya 12 ribu unit saja dan hanya beberapa unit yang laku. Untuk menutup kerugian Apple bahkan harus memberi potongan harga menjadi $2.000 saja.

4. Power Mac G4 Cube

Power Mac G4 Cube
Power Mac G4 Cube

Power Mac G4 Cube adalah PC pertama buatan Apple pada tahun 2000 yang mempunyai bentuk unik, yaitu berbentuk kubus. Casingnya sendiri juga unik, yaitu terbuat dari kaca dengan dimensi 8 x 8 x 10 inch. Memang dengan desain uniknya tersebut, Apple lantas dianugrahi beberapa penghargaan. Tapi penghargaan tersebut tidak berjalan seimbang dengan penjualan buruk yang dialami Apple. Selain itu, kaca casing yang dipakai juga ternyata mudah retak. Oleh karena itu, satu tahun setelah diperkenalkan, Apple menghentikan produksi Power Mac G4 Cube.

5. iMac USB Mouse

iMac USB Mouse
iMac USB Mouse

Pada tahun 1998, iMac pertama kali dipasarkan oleh Apple. Gak butuh waktu lama, PC ini langsung menarik perhatian karena casing plastiknya yang semi transparan dengan warna-warni yang menarik. Setiap pembeli Mac juga akan mendapatkan monitor CRT 14 inch, keyboard serta mouse dengan koneksi USB. Memang jika dilihat dari segi komersial, penjualan Mac bisa dibilang sukses besar. Namun akibat desain mouse yang kecil serta berbentuk seperti bola hoki maka mouse tersebut menuai banyak kritikan. Padahal mouse tersebut oleh Steve Jobs dibilang sebagai mouse terhebat yang pernah diciptakan, tapi toh malah pengguna yang bertangan besar tidak bisa menggunakannya dengan baik.

6. MessagePad

MessagePad
MessagePad

Sebelum Apple memproduksi iPhone dan iPad, ternyata pada tahun 1993 Apple pernah memproduksi gadget cerdas yang bernama MessagePad. Alat ini berjalan pada OS Newton, dimana OS tersebut bisa digunakan untuk berkirim email dan faksimili, selain itu juga dibekali dengan aplikasi kalender dan organizer. Namun bukan itu fitur unggulan yang ditawarkan MessagePad, karena MessagePad mengandalkan fitur handwritting recognition melalui perantara alat yang bernama stylus. Namun sayangnya banyak tulisan pengguna MessagePad yang gagal dibaca oleh fitur tersebut, selain itu daya tahan baterai yang lemah juga membuat MessagePad gagal dipasaran dan Apple menghentikan produksinya pada tahun 1997.

7. Pippin

Apple Pippin
Apple Pippin

Siapa yang menyangka kalau pada tahun 1995 ternyata Apple pernah terjun ke dalam industri game. Apple bekerjasama dengan Bandai untuk membuat sebuah konsol Pippin yang dibanderol dengan harga yang sangat mahal untuk sebuah konsol, yaitu $600. Mesinnya sendiri menggunakan Macintosh PowerPC 603 66MHz, namun sayangnya mesin tersebut tidak bisa menjalankan game dengan grafis yang tinggi. Produk ini hanya laku terjual sebanyak 40 ribu unit saja dan dihentikan produksinya pada tahun 1997.

8. iPod Hi-Fi

iPod Hi-Fi
iPod Hi-Fi

Pada tahun 2006, Apple melakukan kerjasama dengan Bose untuk membuat speaker stereo set khusus untuk iPod yang diberi nama iPod Hi-Fi. Alat ini sebenernya bisa mengeluarkan suara yang bagus dan mendapatkan pujian dari beberapa reviewer. Namun harga jual yang tinggi membuat iPod Hi-Fi tidak menuai sukses di pasaran. Pada saat itu perangkat ini dijual dengan harga $350. Selain itu bentuknya yang terlalu besar juga menjadi problem utama kegagalan perangkat ini.

Gambar: Logo Perusahaan Apple via Shutterstock

Responses (2)

  1. Kalau Saya terawang banyak yang harganya kemahalan, bukan karena porduknya yang gagal (mudah rusak, panas, desainya aneh). Maaf kalau penerawangannya salah, hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.