Update AirAsia QZ8501: Inilah Penampakan Black Box yang Diangkat Prajurit TNI AL

  • Share
Pesawat AirAsia
Pesawat AirAsia

NGONOO.com – Minggu 11/1/2014 kemarin, berita mengenai black box yang telah ditemukan cukup ramai dibicarakan di sosial media karena besarnya perhatian masyarakat terhadap kasus hilangnya AirAsia QZ8501 pada 28 Desember 2014 lalu. Seperti pada artikel kami sebelumnya, Black Box AirAsia QZ8501 telah ditemukan lokasinya, tetapi belum dilakukan pengangkatan karena kendala cuaca.

Hari ini, Senin 12/1/2014 pengangkatan black box AriAsia pun dilakukan oleh penyelam TNI AL. Tetapi, ternyata hanya salah satu bagian black box yang berhasil ditemukan, yaitu bernama FDR (Flight Data Recorder), yaitu sebuah alat untuk membaca data penerbangan yang ditemukan dalam kondisi bagus. Sementara salah satu bagian lain yaitu CVR (Cockpit Voice Recorder) belum berhasil ditemukan Tim Sar Gabungan.

Black box FDR tersebut diangkat dari dasar laut pada Senin ini (12/1/14) pukul 07.11 WIB dan sudah dipastikan bahwa FDR itu adalah milik AirAsia QZ8501 dengan part number PN-210-4043-02 dan serial number SN-000556583. Inilah penampakan Black box FDR tersebut.

FDR Pesawat AirAsia QZ8501
FDR Pesawat AirAsia QZ8501 saat ditunjukan kepada Wartawan. (Antara Foto)

Diangkat oleh 4 Prajurit TNI AL

Pengangkatan black box FDR AirAsia dari dasar laut dilakukan oleh Tim penyelam TNI AL yang harus berjuang keras melawan keganasan laut dan cuaca yang kurang bersahabat di lokasi. Empat Tim Penyelam TNI Al adalah Kapten Laut Syaiful, Pelda Bambang, Serda Rajab, dan Klasi Kepala Navigasi Edi Susanto, seperti yang dilansir Liputan6 (12/1/15) malam ini.

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko pun memberi apresiasi tinggi untuk prajuritnya yang tetap berjuang menemukan benda penting itu meski dalam cuaca buruk.. Pasalnya, black box nantinya bisa mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501.

Black box FDR yang ditemukan dikatakan masih dalam kondisi sangat bagus, sehingga besar harapan masih bisa terbaca. Dengan syarat, memory modul yang terdapat dalam bagian FDR yang berfungsi untuk penyimpanan rekaman itu masih bisa dibaca.

Bagian black box lainnya yaitu CVR, diduga berada tak jauh dari sekitar lokasi FDR. Tetapi posisinya tertindih material sayap pesawat AirAsia sehingg masih sangat sulit untuk melakukan pengangkatan.

Kita terus mendoakan agar tim SAR gabungan bisa segera menmukan bagian lain yaitu CVR, dan tak lupa yang lebih penting adalah semua korban kecelakaan pesawat QZ8501 bisa ditemukan seluruhnya.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.