Yuk! Ngintip Toilet yang Ada Di Luar Angkasa

  • Share

NGONOO.com – Kegiatan pipis dan pup adalah kegiatan wajib yang dilakukan manusia setiap harinya. Tapi pernah ga bro n sest ngebayangin gimana nglakuin kegiatan rutin tersebut di luar angkasa, yang jelas-jelas ga ada gravitasinya. Jangan-jangan kotorane bakal berantakan kemana-mana ya. hiiii…

Eits, jangan mikir kaya gitu dulu gaes. Di pesawat luar angkasa ga bakal ada kotoran yang beterbangan kok. Karena di pesawat luar angkasa terdapat toilet khusus untuk para astronot yang sedang menjalankan tugas di ruang angkasa.

Desain toilet di pesawat luar angkasa pastinya beda dengan toilet di bumi. Dikarenakan berada dalam ruang tanpa gravitasi, maka toilet di sana menggunakan sistem pipa hisap khusus. Selain itu ukuran toiletnya pun jauh lebih kecil. Sebagai perbandingan, toilet di Bumi berdiameter 30-45 cm, sedangkan diameter toilet luar angkasa hanya berukuran 10 cm. Para astronot pun harus mengatur posisi duduk mereka supaya nyaman ketika memenuhi panggilan alam ini. Cara kerja toilet ini seperti vacuum cleaner, dengan menggunakan tekanan udara diferensial untuk menyedot sisa buangan.

toilet luar angkasaimage via liputan6.com

Sedangkan untuk aktivitas pipis, masing-masing astronot memiliki corong urine tersendiri yang ada pada selang adaptor. Ketika corong digunakan, akan ada mesin yang menghisap urine keluar ke tangki khusus.

Sisa pembuangan kotoran tersebut tidak dibuang begitu saja ke luar angkasa. Sisa pembuangan tersebut dikumpulkan dalam kapsul-kapsul di International Space Station (ISS), dan kemudian akan dikirim ke bumi untuk dibuang.

Wah ternyata agak sedikit repot ya gaes kalo mau pipis ataupun pup di luar angkasa sana, hihi 🙂

toilet via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.