9 Hal yang Akan Berubah Saat Kamu Memasuki Dunia Kuliah

  • Share

NGONOO.com – Masa SMA adalah salah satu fase terindah yang pernah kita lewati. Ada banyak hal yang membuat kita selalu tersenyum geli mengingat jaman masih umbelen dulu. Bahagia dan sedih bercampur ketika pengumuman kelulusan, karena selain bahagia sudah lulus bertahun-tahun buat dapet ijazah, tetapi juga harus berpisah dengan banyak kenangan yang sudah diukir bersama. Bersama teman tentunya kalau yang ga punya pacar.

Memasuki dunia kuliah, perlahan-lahan kalian akan mengalami beberapa perubahan. Mungkin ga begitu terasa awalnya, tetapi lama-lama pasti bakal menyadari ada hal yang hilang terganti dengan sesuatu yang baru. Apa saja itu?

1. Teman

Teman
Teman

Teman via 9gag

Pertama, kalian akan kehilangan teman-teman dekat SMA. Mungkin ada beberapa yang masih bareng kuliah, tetapi lama kelamaan juga intensitas pertemuan dan ngumpul bareng akan berkurang karena kesibukan, tugas, jadwal pacaran yang berbeda. Paling tersisa satu dua teman yang tetep kompak dan bersama di saat-saat SMA dan masa kuliah. Jadi siapkan dirimu anak muda.

2. Tempat tinggal

SMA kebanyakan masih tinggal serumah dengan orang tua. Memasuki masa kuliah, sebagian besar ingin berlatih mandiri dengan cara kost. Entah pengen mandiri atau emang pengen bebas. Di kost-kostan inilah kalian akan belajar banyak hal mulai dari yang ga enak sampai ga enak banget. Misalnya belum wayahnya minta kiriman duit sudah habis.

3. Uang saku

Lagi laper
Lagi laper

Lagi laper via 9gag

Berhubung sudah kuliah, uang saku juga nambah. Tetapi karena jumlah dana yang tersedia selalu berbanding lurus dengan kebutuhan, meski uang saku nambah tetap saja akan ada masanya mengalami kekurangan pangan. Kalau kalian kuliah dan belum merasakan kekurangan pangan, kekurangan uang saku, mungkin alangkah baiknya nanti kalau dapet transferan langsung ditransfer ke rek. NGONOO, jadi ada nilai pembelajaran yang bisa diambil. Gitu.

4. Merasa udah gede

Iya, pas masuk kuliah banyak yang mengira sudah gede. Kemudian, giliran kalian memandang anak-anak berseragam biru putih atau abu putih sebagai bocah kemarin sore. Keren, sudah kuliah artinya sudah dewasa. Meskipun duit masih tetep kiriman orang tua.

5. Tugas

Udah memasuki kampus, kalian bakal disibukan dengan tugas-tugas yang sama saja dengan derita cinta ti pat kay, yaitu tidak pernah berakhir. Tugas jaman SMA sih belum ada apa-apanya. Tetapi beruntung, kalian bisa mengandalkan Google untuk mencari bahan tugas kamu, atau ahkan tugas yang sudah jadi tinggal mengganti nama saja. Lebih beruntung lagi, kamu berhasil ngegebet teman satu jurusan yang ‘ayan’ nya kambuh kalau nggak ngerjain tugas.

6. Bolos

Banyak tugas, masih ngantuk, main game, adalah beberapa alasan mainstream untuk bolos kuliah. Bedanya bolos jaman SMA dan jaman kuliah juga akan kamu rasakan. Meskipun sama-sama enak dan bikin ketagihan, tetapi pas kuliah kamu akan lebih bebas dan mudah kalau pengen bolos. Selain itu, kemungkinan teman kos kamu juga ada yang satu misi. Yaitu memperbanyak jumlah pembolosan.

7. Fashion

Yang cowo mulai tampil dengan model rambut terbaru, pakai celana chino ketat, kaos V-neck yang lehernya lebar. Ini khusus buat fans Olga. Intinya dandanan dan tampilan luar akan lebih diperhatikan daripada masa SMA yang tampil apa adanya. Distro, diskon mall, adalah tempat yang akan sering dikunjungi kalau dapet kiriman atau berhasil nabung selama sebulan.

8. Naksir temen SMP SMA

 

Cinta, Pacar SMA Rangga
Cinta, Pacar SMA Rangga

Banyak hal yang berubah tak terkecuali penampilan teman-teman SMA. Di masa kuliah, akan ada temen SMP atau SMA yang dulunya terlihat biasa saja, berubah menjadi sesosok gadis nan manis dan menggoda. Jadi kalau ada CLBK (Cinta Lama Belum Keturutan) kemudian  berlanjut di masa kuliah, itu adalah hal yang wajar. Yang penting temen SMP atau SMA kamu belum punya anak dua.

9. Arah hidup

Kalau SMA yang paling penting adalah lulus, di masa kuliah kalian udah mulai mikirin arah hidup. Mulai mikir kalau salah ngambil jurusan, ga tau kalau masuk kampus keguruan yang ternyata endingnya harus jadi guru padahal pengin jadi musisi, dan lain-lain. Disini juga mulai mikir bagaimana selepas kuliah karena harus lebih mandiri, memiliki penghasilan sendiri, juga punya calon istri seperti Fitri yang mirip Syahrini atau seseksaih Ariel Tatum. Tapi fase ini biasanya terjadi kalau udah hampir-hampir lulus, atau hampir DO.

Silahkan, bagi yang sudah menjalani lebih dari 14 semester ditambahin pengalamannya.

Gambar : Ngampus bareng Via ShutterStock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.