Lifi, Koneksi Internet Dengan Kecepatan 100 Gbps

Tombol Internet
Tombol Internet

NGONOO.com – Kebutuhan akan akses internet yang super cepat memang sudah menjadi kebutuhan kita semua ya bero. Hal tersebut tentu saja memaksa para ilmuwan teknologi untuk mengembangkan koneksi internet biar bisa ngebut, seperti misalnya koneksi internet dengan kecepatan mencapai 100 Gbps.

Yups, hal tersebut memang lagi dikembangkan bero. Yang mengembangkan adalah para peneliti dari Oxford University. Lalu hal apakah yang sedang dikembangkan oleh para peneliti tersebut?

Apalagi kalau bukan akes internet dengan kecepatan super ngebut, bisa mencapai kecepatan 100 Gbps  bero. Koneksi tersebut diberi nama Lifi.

Lifi
Lifi

Lifi menggunakan cahaya yang dijadikan sebagai medium pengantar data. Untuk cara kerjanya sendiri, cahaya sebagai medium pengantar data di kabel serat optik diambil, kemudian diperkuat, dan setelah itu dipancarkan ke komputer secara nirkabel, sehingga berperan serupa jaringan Wi-Fi gitu bero.

Setelah dilakukan percobaan dengan memanfaatkan koneksi lifi, mentransfer data ternyata bisa mencapai kecepatan 100 Gbps, edan banget ya bero, super ngebut beneran kalau itu.

Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa lifi lebih cepat daripada kecepatan tercepat Wi-Fi saat ini, yaitu 7 Gbps. Agar bisa menggunakan koneksi lifi, terlebih dahulu harus dipersiapkan “base station” yang dipasang di langit-langit sebuah ruangan.

Nanti base station tersebut akan memancarkan cahaya yang diarahkan langsung ke komputer. Atau bisa juga secara sederhana, penggunaan lifi sama dengan penggunaan infrared pada handphone jaman dulu, dimana antar projector harus saling berdekatan dan berada dalam satu garis lurus. Itu memang kelemahan dari lifi ini bero.

Perangkat Lifi
Perangkat LifiPerlengkapan Lifi

Kelemahan lainnya adalah, perangkat yang akan dikonesikan menggunakan lifi haruslah stationer, itu berarti perangkat tersebut tidak boleh dipindah-pindah. Agak repot juga kalau gak bisa pindah-pindah gitu.

Namun tim peneliti dari Oxford University juga menjelaskan bahwa mereka sedang mengembangkan sistem, dimana dengan sistem tersebut base station yang memancarkan jaringan lifi bisa melacak keberadaan dari perangkat lalu mengkoneksikannya.

Semoga aja lifi tetap bisa dikembangkan, dan mungkin aja beberapa tahun mendatang kita bisa merasakan internetan dengan kecepatan 100 Gbps. Tapi kalau internetnya udah ngebut jangan sampai kecanduan internet terus sampai memotong tangan loh bero.

Gambar: Tombol Internet via Shutterstock

Responses (2)

  1. Great, you appear to me a techgeek and you have quite good and worthy information about bit and bytes of technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.