Pilot Mendaratkan Pesawat Secara Darurat Dengan Bantuan iPad

  • Share
iPad
iPad

NGONOO.com – iPad, gadget buatan Apple ini buat sebagian besar pemiliknya mungkin hanya digunakan untuk bermain game, browsing, eksis di media sosial, dan bahkan mungkin juga cuma buat gaya-gayaan saja. Namun ternyata fungsi iPad bisa jauh lebih dari itu semua.

Seperti misalnya membantu mendaratkan sebuah pesawat secara darurat. Ya, ada seorang pilot bersama dengan istrinya yang menggunakan iPad untuk mendaratkan pesawat yang sedang diterbangkannya.

Pesawat tersebut terlebih dahulu diterbangkan sejauh 80 mil dalam keadaan gelap hanya dengan bantuan iPad. Menurut sang pilot, pesawat yang diterbangkannya mengalami kerusakan kelistrikan, sehingga semua sistem yang menggunakan listrik mati.

Pesawat Jatuh
Pesawat Jatuh

Akibat sistem kelistrikan yang mati tersebut, pesawat terpaksa mendarat dengan badannya karena gear yang bertugas untuk menurunkan roda tidak berfungsi.

Nama pasangan suami-istri yang menerbangkan pesawat tersebut juga tidak dipublikasikan untuk umum, entah apa alasannya. Sebelumnya, pesawat tersebut diketahui terbang dari Wyoming ke Wisconsin dengan jarak tempuh sejauh 80 mil pada jumat malam.

Dan akibat dari masalah kelistrikan tersebut, mereka terpaksa mendaratkan pesawat secara darurat di Rapid City. Sang pilot bersama istrinya menggunakan iPad yang mereka bawa untuk menavigasikan pesawat agar bisa mendarat darurat.

Sedangkan instrumen pesawat yang masih berfungsi hanyalah indikator kecepatan udara dan indikator ketinggian saja. Gak bisa dibayangin kan, mendaratkan pesawat hanya dengan bantuan iPad dan kedua indikator tersebut. Tentunya sang pilot merupakan pilot yang sangat handal.

Diketahui juga bahwa pasangan suami-istri tersebut tidak bisa memberitahukan kepada menara pengawas bandara Rapid City saat mereka hendak akan mendaratkan pesawat secara darurat. Akibatnya, mereka memutuskan untuk mendaratkan pesawat di jalur landasan yang jarang digunakan untuk menghindari adanya korban.

Namun kabar gembiranya tentu saja kedua pilot tersebut selamat walaupun pesawat mendarat secara darurat menggunakan badannya.

Gambar: iPad via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.