Tips Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone Melalui Tampilan Fisiknya

  • Share
Baterai Smartphone
Baterai Smartphone

NGONOO.com – Baterai smartphone bisa dibilang sebagai nyawa dari smartphone itu sendiri. Kalau baterainya masih baru dan masih dalam kondisi bagus sih tentu bukan menjadi masalah, tapi kalau baterai sudah lama dan ternyata kondisinya sudah jelek, itu bisa menjadi masalah.

Masalah utama yang mungkin akan terjadi kalau baterai smartphone sudah dalam kondisi yang tidak bagus adalah dayanya yang cepat habis. Baru dicharge penuh dan digunakan sebentar eh tau-tau sudah habis. Kalau sudah mengalami kejadian seperti itu berarti baterai smartphone udah gak oke lagi gais.

Baterai memang mempunyai umur tertentu, semakin lama digunakan pastinya akan semakin berkurang kinerjanya. Nah untuk mengetahui apakah baterai masih dalam kondisi bagus apa tidak, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

Monggo disimak cara-caranya seperti apa aja gais.

1. Dilihat Melalui Tampilan Fisiknya

Baterai Menggelembung
Baterai Menggelembung

Kalian bisa dengan mudah melihat kondisi baterai smartphone yang masih bagus apa tidak, yaitu dengan melihat kondisi fisik dari baterai itu sendiri. Kalau smartphone kalian menggunakan removable baterry coba aja kalian lepas baterai smartphone kalian, jangan lupa dimatikan dulu smartphone-nya gais. Jika udah dilepas, kalian bisa melihat apakah baterai tersebut menggelembung apa tidak. Kalau udah menggelembung berarti kalian harus mengganti baterai smartphone dengan yang baru. Selain itu, kalian juga bisa melihat apakah ada korosi di sekitar metal terminal atau apakah ada kotoran berwarna hijau/putih pada baterai, jika ada berarti kalian juga harus mengganti baterai dengan yang baru. Jika tanda-tanda di atas tidak kalian temukan, coba aja cari apakah ada noda-noda mencurigakan pada baterai atau tidak. Atau cara paling ampuh yaitu dengan membawa ke service centre sesuai dengan merk smartphone kalian gais, nanti disana bisa dicek apakah baterai smartphone kalian masih bagus apa tidak.

2. Lakukan Tes Putar

Tes Putar Pada Baterai
Tes Putar Pada Baterai

Baterai Lithium mempunyai penurunan umur sesuai dengan siklus isi ulang (recharge). Jika kalian menyimpan atau menaruh smartphone kalian pada suhu panas/dingin, hal tersebut juga akan semakin mengurangi umur baterai gais. Nah untuk mengetahui baterai kalian masih bagus apa tidak, cukup lepas baterai dan taruh di atas meja. Coba aja putar baterai kalian seperti gasing, kalau berputar dengan cepat itu tandanya baterai kalian sudah tidak bagus lagi dan sudah minta ganti.

3. Perhatikan Apakah Daya Baterai Cepat Habis Apa Tidak

Seperti yang sudah dikatakan di atas, jika baterai sudah dalam kondisi yang tidak bagus, maka daya baterai tersebut akan cepat habis. Misalnya saja kalian mengisi ulang daya baterai sampai penuh, namun baru kalian gunakan sebentar dayanya sudah berkurang dengan sangat cepat. Atau bisa juga, smartphone belum sempat kalian gunakan namun baterai sudah berkurang sangat cepat dengan sendirinya. Kalau sudah mengalami kejadian seperti itu, berarti baterai smartphone kalian udah gak oke lagi gais.

Mungkin itu aja gais cara-cara untuk mengetahui apakah baterai smartphone kalian masih dalam kondisi yang bagus apa tidak, namun itu hanya dilihat dari tampilan fisiknya aja. Pada kesempatan berikutnya akan kami berikan cara mengetahui kondisi baterai smartphone dengan cara “khusus”. Simak terus NGONOO ya gais.

Gambar: Baterai Smartphone via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.