Tips Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone Dengan Cara “Khusus”

  • Share
Cowok Lagi Nyopot Baterai Smartphone
Cowok Lagi Nyopot Baterai Smartphone

NGONOO.com – Halo sobat NGONOO, seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya, kali ini kami akan kembali dengan tips untuk mengetahui kondisi baterai smartphone kalian apakah masih bagus apa tidak.

Pada kesempatan sebelumnya, kami sudah memberitahukan bagaimana mengetahui kondisi baterai melalui tampilan fisiknya saja. Namun seperti kata orang, tampilan fisik bisa saja menipu.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberitahukan cara yang bisa dibilang ampuh agar kalian bisa mengetahui kondisi baterai smartphone kalian.

Pertama-tama akan kita bahas cara mengetahui kondisi baterai pada iPhone. Untuk kalian ketahui gais, iPhone kalian pasti mencatat berapa kali kalian mengisi ulang daya baterai (recharge) dan juga memonitor kapasitas baterai atau kondisi baterai. Namun informasi tentang baterai tersebut hanya bisa diakses oleh pihak Apple aja gais, sehingga kalian tidak akan bisa menemukan informasi tersebut pada iPhone kalian.

Tapi tenang aja gais, ada sebuah program khusus yang bisa memberitahukan kalian tentang kondisi baterai iPhone, yaitu iBackupBot. Program ini bisa juga digunakan untuk memonitor iDevice yang lain seperti iPod maupun iPad, Mac dan juga PC. Ini link untuk mendownload program tersebut gais.

Jika sudah didownload, buka saja program iBackupBot, lalu koneksikan iPhone ke komputer. Nanti program ini akan menampilkan informasi dari iPhone kalian. Kalian hanya harus membuka menu yang tulisannya “More Information” yang ada di sebelah bawah.

Scrinsut iBackupBot
Scrinsut iBackupBot

Pada menu tersebut, kalian bisa mengetahui berapa kali kalian mengisi ulang daya iPhone dan juga mengetahui kapasitas atau kondisi baterai iPhone. Jika angka pada Full Charge Capacity lebih rendah dari angka Design Capacity, berarti kalian harus mengganti baterai iPhone. Untuk kalian ketahui juga gais, baterai Lithium akan kehilangan 20% dari kapasitasnya setelah diisi ulang sebanyak 500 kali.

Scrinsut Informasi Baterai iPhone
Scrinsut Informasi Baterai iPhone

Lalu bagaimana dengan para pengguna Android yang kepengen mengetahui kondisi baterainya ya? Caranya gampang banget gais. Android juga menyimpan informasi tentang kondisi baterai selama pemakaian kok. Untuk bisa mengakses informasi tersebut juga tidak diperlukan program atau aplikasi khusus.

Kalian hanya harus mengetikkan kode tertentu, yaitu *#*#4636#*#* di dialer smartphone kalian. Kalau sudah, nanti kalian akan bisa melihat informasi tentang baterai smartphone Android. Kalau kondisinya masih good (bagus) berarti kalian belum harus mengganti baterai.

Scrinsut Baterai Android
Scrinsut Baterai Android

Namun jika seandainya saja  kode tersebut tidak bisa diakses, ada satu cara lagi untuk mengetahui kondisi baterai smartphone Android, yaitu dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama Battery yang dibuat oleh MicroPinch. Ini gais link downloadnya.

Scrinsut Aplikasi Battery
Scrinsut Aplikasi Battery

Itu gais tips yang bisa kami berikan buat kalian, semoga bisa bermanfaat.

Gambar: Cowok Lagi Nyopot Baterai Smartphone via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.