Jenis-Jenis Alergi Aneh Yang Bisa Melanda Manusia

  • Share
Bahan-Bahan Yang Bisa Menyebabkan Alergi
Bahan-Bahan Yang Bisa Menyebabkan Alergi

NGONOO.com – Alergi memang terkadang menyerang orang-orang tertentu bero. Jenis alergi juga pastinya bermacam-macam dong ya, seperti misalnya ada orang yang alergi obat, alergi susu, alergi makanan tertentu, alergi jomblo, dan alergi-alergi yang lainnya.

Alergi sendiri merupakan reaksi sistem imun tubuh yang berlebihan terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, atau sesuatu yang bersentuhan dengan kulit tubuh. Akibat dari alergi sendiri juga bermacam-macam bero, seperti gatal, rasanya seperti terbakar, bahkan sampai menyebabkan sesak napas.

Cowok Lagi Diobati Karena Alergi
Cowok Lagi Diobati Karena Alergi

Namun kalian tau gak bero kalau jenis alergi terkadang ada yang aneh-aneh, seperti alergi terhadap sinyal wi-fi dan sinyal hape yang dialami oleh oma-oma ini. Eh tapi masih ada jenis alergi lainnya yang bisa dibilang aneh loh bero, apa aja alergi-alergi tersebut? Yuk kita intip satu persatu.

1. Alergi Sinar Matahari

Setiap hari pastinya kita terkena sinar matahari ya bero. Sinar matahari selain bisa membuat kulit jadi item gosong ternyata juga bisa menyebabkan alergi terhadap orang-orang tertentu. Padahal kan sinar matahari bagus juga buat tubuh. Orang yang menderita alergi terhadap sinar matahari akan merasakan gatal-gatal, atau disebut juga dengan solar urticaria. Selain itu, penderita juga bisa merasakan kulitnya seperti terkena sengatan yang tajam jika terkena sinar matahari dalam hitungan menit, bahkan bisa juga mengalami mual, sakit kepala, dan memar. Serem juga ya.

2. Alergi Uang

Bagaimana jadinya jika ada orang yang alergi terhadap uang? Semoga hal ini gak terjadi sama kalian bero. Yang biasa menyebabkan alergi adalah uang logam yang berbahan nikel bero. Reaksi yang ditimbulkan oleh uang logam disebut juga dengan contact dermatitis. Terus gejala yang ditimbulkan oleh alergi ini gimana ya? Ternyata menyebabkan ruam di permukaan kulit bero, dan bikin gatel-gatel gitu.

3. Alergi Air

Orang yang menderita alergi air akan merasakan gatal dan ruam pada kulit jika dia terkena air pada suhu berapapun itu. Alergi air ini disebut juga dengan aquagenic urticaria dan sampai saat ini masih belum diketahui apa penyebabnya. Alergi ini juga hanya terjadi pada 1 di antara 230 juta orang bero. Jadi kalau ada teman kalian yang jarang banget mandi, mungkin dia mengalami alergi air.

4. Alergi Olahraga

Olahraga sangat banyak manfaatnya buat tubuh, namun ternyata sejak tahun 1970-an sudah ada sebanyak 1.000 laporan kasus alergi terhadap olahraga. Kalau pada tahap yang ringan, orang yang menderita alergi olahraga hanya akan menimbulkan ruam dan gangguan pencernaan aja. Namun jika sudah masuk dalam tahap yang berat, alergi ini bisa memberikan reaksi yang bisa mengancam jiwa penderitanya.

5. Alergi Sentuhan

Orang yang menderita alergi ini pada kulitnya akan timbul ruam merah jika mereka terkena sentuhan, apapun jenis sentuhan itu. Bahkan jika memakai kaos yang terlalu ketat juga bisa memicu reaksi, Dalam dunia medis, hal tersebut disebut dengan Dermographism.

6. Alergi Sperma

Nah ini alergi yang melanda kaum perempuan aja bero. Alergi sperma sendiri memang sangat jarang ditemukan, namun jika ada perempuan yang menderita alergi ini, maka pada bagian alat vitalnya akan biduran dan akan membengkak.

7. Alergi Dingin

Jenis alergi ini mungkin banyak kita temui di sekitar kita bero. Namun alergi dingin ini memang terlihat aneh juga. Akibat yang ditimbulkan yaitu bisa menyebabkan ruam di permukaan kulit.

8. Alergi Sepatu

Sepatu yang bisa menyebabkan alergi adalah sepatu yang terbuat dari bahan kulit. Alergi ini terjadi karena dipicu oleh senyawa kimia yang digunakan untuk mengolah kulit tersebut.

9. Alergi Coklat

Coklat adalah makanan yang sangat enak, namun ternyata ada juga orang yang mengalami alergi coklat. Pemicu alergi ini sendiri adalah biji coklat dan bahan campuran yang lainnya. Akibat yang ditimbulkan dari coklat juga bermacam-macam bero, seperti misalnya sakit kepala, ruam kulit, mulas, gatal, sampai gangguan pernapasan.

Gambar: Bahan-Bahan Yang Bisa Menyebabkan Alergi via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.