Raymond Sapoen, Calon Presiden Suriname Itu ‘Wong Banyumas’?

Raymond Sapoen
Raymond Sapoen

NGONOO.com – Beberapa hari terakhir, ada perbincangan yang cukup hangat di kalangan para netizen. Yaitu beredarnya berita bahwa politikus Suriname, yang menjadi salah satu kandidat calon presiden di negara itu merupakan seorang warga yang berasal dari Kabupaten Banyumas. Dugaan ini muncul melalui penelusuran yang dilakukan oleh penulis bernama Arie Grobbee, warga keturunan Belanda yang rupanya aktif di sebuah paguyuban Sambung Raso Jawa-Suriname.

Dugaan tersebut muncul dari arsip di Belanda, bahwasanya ada seseorang bernama Sapoen yang dikirimkan oleh Kerjaaan Belanda ke Suriname pada tahun 1928 untuk bekerja di perkebunan. Dari penelusuran tersebut, juga didapatkan data bahwa Sapoen berasal dari Desa Kanding, Banyumas yang sekarang menjadi wilayah Kecamatan Somagede.

Raymond Sapoen Politikus Suriname
Raymond Sapoen Politikus Suriname

Gambar : Raymond Sapoen Via Kompas

Penelusuran Arie selanjutnya, yaitu ke tempat asal Sapoen di Desa Kanding.Hasilnya ia manemukan beberapa orang yang masih mengenal Sapoen, diantaranya adalah Parsono. Bahkan, Parsono mengaku masih kerabat jauh Sapoen. Disebutkan Arie melalui Republika, Parsono memiliki ciri fisik yang mirip dengan Sapoen.

Tambahan informasi yang didapatkan adalah bahwa Sapoen dulunya pergi Sumatera, dan tidak ada kabar lagi semenjak itu. Warga lain, Radam, juga membenarkan bahwa wajah Sapoen yang ada di arsip Belanda itu adalah kakak sepupunya.

Benarkah?

Sapoen Dalam Arsip Belanda
Sapoen Dalam Arsip Belanda

Dari data Wikipedia, Raymond Sapoen sang politikus Suriname itu memang keturunan Jawa. Disana, disebutkan ia merupakan kelahiran 25 Oktober 1967; dan berumur 47 tahun. Jadi, diduga bahwa Raymond Sapoen yang merupakan calon presiden Suriname itu merupakan keturunan Sapoen yang berasal dari Desa Kanding, Banyumas, Jawa Tengah yang ada di arsip Belanda itu.

“Apa iya Pakdhe Raymond Sapoen kue anake utawa putune Mbah Sapoen sing ilang tahun 1928?”

Informasi yang cukup gamblang, dibeberkan Radar Banyumas. Mereka bahkan mendatangi Desa Kanding yang disebut-sebut merupakan tempat leluhur Raymond Sapoen tersebut. Cerita lengkapnya bisa dibaca melalui sumber yang ada dibawah.

Dadi intine, Pakdhe Raymond Sapoen dianggep wong Banyumas, mergane ana wong Jawa sing dikirim meng Suriname jenenge Sapoen. Terus, mbarang ditelusuri jebule raine mirip karo Raymond Sapoen sing calon presiden mau. Tapi ya mbuh, bener orane. Mergane wong Kanding dewek sing pada ngerti ceritane Mbah Sapoen wis pada seda. Mengko angger Pakdhe Raymond Sapoen ngomong sapa wong tuane, sapa kakine, ya nembe bisa gamblang apa iya pancen keturunane wong Banyumas? 

Jadi intinya, Pakdhe Raymond Sapoen dianggap orang Banyumas karena ada penelusuran bahwa di tahun 1928, ada orang Jawa bernama Sapoen yang dikirim ke Suriname. Dari arsip Belanda, wajah Sapoen tersebut mirip dengan Raymond Sapoen yang menjadi calon presiden. Tetapi belum jelas kebenaranya, karena sumber untuk mengetahui Sapoen sendiri sangat terbatas di Desa Kanding, Banyumas. Jika sang capres, Raymond Sapoen memberi pernyataan siapa orang tuanya, siapa kakeknya, mungkin baru bisa jelas apakah dia benar-benar keturunan orang Banyumas itu.

Kaya kue mbok kang yayu?

Gambar : Raymond Sapoen Via Sherald

Response (1)

  1. mantaap gan!! ane orang banyumas cukup bangga!! (y)
    add me facebook.com/librae.gokorie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.