Wow Remaja Ini Punya 232 Gigi!

  • Share

NGONOO.com – Biasanya jumlah gigi normal pada manusia dewasa adalah 32 buah, sedangkan pada anak-anak adalah sekitar 20 buah. Tapi ternyata ada lho orang yang memiliki gigi lebih dari jumlah yang sewajarnya. Bahkan jumlahnya sampai ratusan, wow!

Seorang remaja di India bernama Ashik Gavai belum lama ini dibawa ke dokter setelah ia mengeluhkan pembengkakan di rahang kanannya yang sudah terjadi selama 18 bulan. Karena dokter lokal di desa tempat tinggalnya tidak mampu mengidentifikasi penyebabnya, maka Ashik pun dibawa ke rumah sakit di kota Mumbai.

gigi 232 buahimage via bbc.com

Remaja berusia 17 tahun ini pun harus menjalani operasi gigi. Dr Dhiware yang menangani Ashik menyebut kondisi yang diderita Ashik ‘sangat langka’ dan ‘rekor dunia’. Dr Dhiware pun menjelaskan kondisi langka yang dialami remaja ini, Ashik didiagnosis mengalami complex composite odontoma. Kondisi dimana gusinya membentuk banyak gigi, bisa dibilang sejenis tumor.

Operasi itu memakan waktu 7 jam dan dilakukan oleh dua ahli bedah dan asistennya. Di awal operasi, tim bedah harus menggunakan palu dan pahat untuk membuka gusi Ashik. Setelah terbuka, gigi-gigi kecil yang bentuknya mirip mutiara terlihat dan diambil kemudian dikumpulkan.

Saking banyaknya jumlahnya gigi kecil yang terdapat di gusi Ashik mencapai 232 buah. Sekarang, gigi Ashvik sudah berjumlah normal, yaitu 28 buah.

gigi via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.