EaseUS Partition Master Free, Software Partisi Hard Disk Gratis Mudah Digunakan

  • Share

NGONOO.com – Kapasitas hardisk komputer yang melimpah memang menjadi idaman buat semua orang. Namun ternyata tidak semua pengguna komputer bisa memiliki kapasitas hardisk yang melimpah, tentunya hal itu sangat menyebalkan kan?

Saat ini, pada umumnya sih hardisk komputer sudah mempunyai kapasitas yang besar, namun semakin lama pasti kapasitas ruang kosongnya akan berkurang lantaran sudah diisi dengan berbagai macam file, seperti musik, film, video, gambar, dan file-file yang  lainnya. Di Windows, file-file seperti itu biasanya dimasukan ke drive D atau drive yang lainnya.

Berbeda dengan drive C, kapasitas drive ini biasanya akan tersisa sedikit karena banyak program yang diinstall. Kalau drive C sudah penuh, hal ini terkadang membuat para pengguna komputer bingung, soalnya mereka tidak bisa menginstall program baru lagi, di sisi lain untuk meng-uninstall program yang sudah ada juga tidak mungkin dilakukan. Selain itu bisa bikin komputer menjadi melambat.

Tapi tenang saja, buat kamu yang mengalami kejadian tersebut ada cara biar drive C kamu bisa semakin “lega”. Yaitu dengan bantuan sebuah software dari EaseUs yang bernama Partition Master Free. Software ini tersedia gratis kok gais. Nah sebelum kamu mendownload software tersebut yuk kita bahas dulu ini sebenarnya software apaan sih.

EaseUS Partition Master memang berguna untuk “melegakan” kapasitas drive C komputer. Selain itu software ini juga berfungsi untuk mengatur ruang drive komputer. Jadi kalau saja drive C komputer sudah penuh namun drive D atau drive yang lain masih mempuyai kapasitas yang besar, tinggal pindahkan aja kapasitas drive yang lain ke drive C. Dengan begitu kapasitas drive C akan menjadi semakin besar.

epm-1

Software ini bisa kamu pakai di komputer Windows mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Ada tiga fungsi utama dari software ini, yaitu Partition Manager, Disk & Partition Copy Wizard, dan Partition Recovery Wizard.

 

Bisa dibilang EaseUS Partition Master ini merupakan solusi terbaik untuk mengelola hardisk komputer, bisa dibandingkan dengan Partition Magic yang cukup terkenal itu, karena dengan software ini kamu bisa mengelola atau mengatur hardisk komputer kamu dengan mudah tanpa harus membayar. Misalnya saja menghapus partisi, membuat partisi, memindahkan partisi, menggabungkan partisi, dan lainnya.

epm-2

Fitur-Fitur Utama

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan software ini, antara lain:

– Resize/move partisi tanpa ada data yang akan hilang.

epm-3

– Menggabungkan dua partisi menjadi satu partisi yang lebih besar tanpa ada data yang hilang.

– Convert dynamic disk ke basic disk dan convert FAT ke NTFS sistem file.

– Copy seluruh isi hardisk ke hardisk lainnya atau memindahkan OS dari HDD ke SSD tanpa harus menginstall ulang Windows, dan masih banyak lagi keuggulan yang lainnya.

EaseUS Partition Master ini tersedia baik secara gratis maupun berbayar, tentu saja ada perbedaannya, tapi perbedaannya hanya dari segi kecepatannya aja kok gais. Buat kamu yang membutuhkan partition manager untuk Windows 7 yang bisa diandalkan untuk mengatur/mengelola hardisk komputer secara mudah, silakan coba pakai Partition Master ini.

Gambar: Anak Kecil Mainan Harddisk via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.