Ini Loh Perbedaan Antara Empty Trash Dengan Secure Empty Trash di Mac

  • Share
Cowok Lagi Pakai Mac
Cowok Lagi Pakai Mac

NGONOO.com – Buat kalian yang punya Mac pasti menemukan kedua opsi ini, Empty Trash dan juga Secure Empty Trash. Kalau kalian udah tau kedua perbedaan opsi tersebut sih gak bakalan bingung mau memilih yang mana pada saat ingin menghapus file, tapi kalau yang gak tau perbedaan kedua opsi tersebut mungkin bisa jadi kalian akan bingung mau milih yang mana.

Nah buat yang belum tau apa perbedaan dari kedua opsi tersebut, yuk kita bahas bareng aja. Opsi tersebut, baik Empty Trash maupun Secure Empty Trash akan kalian temukan pada saat kalian akan menghapus sebuah file yang ada di Mac. Dan sebelum kalian menghapus file tersebut alangkah baiknya jika kalian menentukan apakah file tersebut benar-benar akan kalian hapus selamanya atau tidak.

Scrinsut Opsi Empty Trash dan Secure Empty Trash
Scrinsut Opsi Empty Trash dan Secure Empty Trash

Pada dasarnya, perbedaan antara kedua opsi tersebut hanya terletak pada tingkat keamanannya aja bero. Maksudnya gimana sih? Jadi gini bero, saat kalian memutuskan untuk menghapus sebuah file dengan opsi Empty Trash maka file tersebut akan dibuang di trash (tempat sampah). Namun sebenarnya file tersebut masih “tersembunyi” di suatu tempat di hard drive Mac kalian.

Scrinsut Opsi Empty Trash
Scrinsut Opsi Empty Trash

 

Kalian memang tidak akan bisa melihat file tersebut ada dimana, namun jika kalian menginginkan file tersebut direcovery atau dikembalikan ke folder semula, maka kalian masih bisa melakukannya dengan software yang khusus buat recovery.

Sedangkan pilihan yang kedua, atau Secure Empty Trash adalah pilihan yang paling aman dalam membuang file. Makanya sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan opsi ini kalian harus terlebih dahulu menentukan dan memutuskan apakah file tersebut benar-benar akan kalian hapus selamanya apa tidak. Dengan opsi ini, file yang sudah dihapus akan benar-benar dihapus, sehingga jika kalian ingin melakukan recovery terhadap file tersebut kemungkinan untuk berhasil sangat kecil bero.

Scrinsut Opsi Secure Empty Trash
Scrinsut Opsi Secure Empty Trash

Terus mana yang harus kalian gunakan saat mau menghapus file ya? Untuk penggunaan sehari-hari atau menghapus file yang “biasa-biasa” aja kalian bisa menggunakan opsi Empty Trash aja bero. Namun kalau file yang ingin kalian hapus merupakan file dengan konten yang sensitif seperti foto mantan, kalian sebaiknya memilih opsi Secure Empty Trash aja, biar lebih aman dan tidak ada orang lain yang bisa mengakses file tersebut.

Gambar: Cowok Lagi Menggunakan Mac via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.