Pilot Asyik Selfie, Pesawat Yang Dikemudikannya Jatuh Ke Tanah

  • Share
Cowok Lagi Selfie di Kokpit Pesawat
Cowok Lagi Selfie di Kokpit Pesawat

NGONOO.com Selfie memang sangat digandrungi oleh hampir semua manusia, entah itu anak kecil maupun orang yang sudah berumur. Dalam setiap acara atau setiap ada kesempatan pasti banyak orang yang melakukan selfie.

Namun ternyata tidak semua orang bisa memahami kapan waktu yang tepat untuk melakukan selfie. Seperti pilot yang satu ini misalnya, bukannya fokus untuk menerbangkan pesawat, ia malah asyik berselfie ria.

Dan akibat yang ditimbulkan dari aksi sang pilot tersebut apalagi kalau bukan pesawat yang diterbangkannya mengalami kecelakaan. Kejadian ini memang sudah terjadi lama gais, tepatnya pada tanggal 31 Mei tahun 2004 silam.

National Transportation Safety Board (NTSB) atau dewan keamanan transportasi Amerika menemukan bukti bahwa sang pilot pesawat melakukan selfie sesaat sebelum pesawat yang diterbangkannya kehilangan kendali dan jatuh di daerah Colorado.

Bukti tersebut ditemukan oleh tim investigasi yang menemukan rekaman video dari kamera GoPro yang dipasang sang pilot di kokpit pesawat. Kamera GoPro tersebut tidak mengalami kerusakan dan memory card yang ada di dalamnya lantas diambil untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Amritpal Singh
Amritpal Singh

Dalam rekaman video dari kamera GoPro tersebut terlihat bahwa pilot yang berumur 29 tahun melakukan selfie menggunakan kamera handphone-nya. Pada saat selfie, lampu flash kamera juga aktif dan menyilaukan area kokpit. Akibat lampu flash yang menyilaukan itulah yang menyebabkan sang pilot kehilangan kendali atas pesawatnya.

Pesawat tersebut sendiri terbang pada waktu malam hari untuk jarak tempuh yang pendek. Namun akibat ulah sang pilot, walaupun hanya menempuh jarak tempuh yang pendek, nyawa pilot dan penumpangnya malah melayang akibat kecelakaan. Pesawat yang digunakan sendiri merupakan pesawat Cessna 150K.

Tim investigasi yang menangani permasalahan tersebut juga tidak menemukan bukti bahwa pesawat mengalami masalah, itu berarti kecelakaan tidak disebabkan oleh faktor pesawat, melainkan oleh faktor kelalaian manusia, dalam hal ini adalah sang pilot yang bernama Amritpal Singh.

Pilot berumur 29 tahun tersebut menurut data yang ada sudah mempunyai jam terbang sebanyak total 726 jam dan 27 jam pengalaman terbang di malam hari. Selain itu, dia juga memenuhi kualifikasi untuk terbang di malam hari.

Kejadian di atas bisa dijadikan contoh buat kalian yang seneng selfie. Jangan melakukan selfie pada saat dan waktu yang tidak tepat, karena bisa jadi itu merugikan kalian sendiri dan juga merugikan orang lain.

Gambar: Cowok Lagi Selfie Di Kokpit Pesawat via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.