Fitur Baru Facebook Bisa Mewariskan Akun Dari Pemilik Yang Sudah Meninggal

  • Share
Sosial Media Facebook
Sosial Media Facebook

NGONOO.com – Facebook, aplikasi media sosial terpopuler untuk saat ini memang tidak pernah berhenti melakukan inovasi. Berbagai macam fitur baru diluncurkan Facebook agar para pengguna tidak meninggalkan Facebook dan beralih ke media sosial yang lainnya.

Setelah beberapa waktu yang lalu Facebook merilis fitur yang digunakan khusus untuk jual beli, kali ini Facebook kembali dengan fitur baru lagi. Facebook sepertinya memang memikirkan tentang bagaimana media sosial ini akan tetap eksis, walaupun penggunanya sudah meninggal dunia.

Wah kok ngomongin pengguna Facebook yang udah meninggal sih, emangnya Facebook berharap biar penggunanya masih tetap bisa Facebook-an walaupun dia sudah meninggal? Iya gais, namun jangan berpikiran kalau yang tetap aktif di Facebook adalah orang yang sudah meninggal tersebut ya, kalau itu gak mungkin gais.

Lha terus gimana dong? Jadi gini gais, Facebook meluncurkan fitur baru yang namanya “Legacy Contact”. Nah dengan fitur baru tersebut, nanti pengguna Facebook bisa “mewariskan” akun Facebooknya ke orang yang sudah dipilihnya sebelum pengguna Facebook tersebut meninggal dunia. Atau dalam bahasa mudahnya, sebelum kalian meninggal, kalian bisa mewariskan akun Facebook kalian kepada teman atau orang yang kalian percayai. Dengan begitu walaupun kalian sudah meninggal, akun Facebook kalian masih akan tetap eksis gitu gais.

Legacy Contacts
Legacy Contacts

Namun yang perlu diingat gais, orang yang mewarisi akun Facebook kalian tidak akan bisa mengakses seluruh menu Facebook kalian, seperti misalnya mengakses menu “Messages”, karena bisa dibilang menu tersebut adalah menu yang berisi privasi dari pengguna Facebook.

Menu-menu yang bisa dikontrol/diakses oleh orang yang mewarisi akun Facebook seperti menulis status, update foto profil dan foto cover, serta bisa mengkonfirmasi permintaan pertemanan. Nah biar tidak membuat kegaduhan teman-teman Facebook kalian, nanti pada halaman Facebook akan ada tulisan “Remembering” yang terletak di atas nama akun kalian. Kalau tidak ada tulisan penanda seperti itu kan bisa bikin heboh juga, nanti bisa pada mengira orang yang sudah meninggal kok masih bisa Facebook-an.

Akun Facebook Yang Pemiliknya Sudah Meninggal
Akun Facebook Yang Pemiliknya Sudah Meninggal

Untuk bisa mengakses “Legacy Contact” juga mudah kok gais, kalian hanya perlu masuk ke menu Settings > Security > Legacy Contact. Udah gitu aja caranya, nanti tinggal dipilih siapa yang akan meneruskan akun Facebook kalian jika kalian sudah meninggal dunia. Kalian juga bisa memberikan alasan kenapa kalian memilih orang tersebut agar mau mengurusi akun Facebook kalian.

Pesan Legacy Contact
Pesan Legacy Contact

Kita tunggu saja gais fitur-fitur apa lagi yang akan diberikan oleh Facebook untuk kedepannya. Terus pantengin NGONOO biar kalian gak kudet. Okey gais.

Gambar: Sosial Media Facebook via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.