Memex, Mesin Pencari Yang Diklaim Lebih Hebat Dari Google

Cewek Lagi Browsing Internet
Cewek Lagi Browsing Internet

NGONOO.com – Jangan salah tafsir dulu loh bero jika membaca judul di atas, kali ini kita tidak akan membahas hal-hal jorok kok, melainkan akan membahas mesin pencari yang akan menjadi saingan Google, Yahoo, Bing, dan mesin-mesin pencari yang lainnya. Wah nampaknya bukan hanya Apple saja yang akan menyaingi mesin pencari milik Google, melainkan dari mesin pencari lain yang bernama Memex juga akan menjadi pesaing Google.

Yups, nama mesin pencari tersebut adalah Memex, diambil dari kombinasi kata Memory dan Index. Yang mengembangkan mesin pencari Memex adalah lembaga Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). DARPA juga mengklaim bahwa mesin pencari Memex akan lebih hebat dari Google loh bero, karena mesin pencari ini akan bisa digunakan untuk mencari hal apapun.

Mesin Pencari Memex
Mesin Pencari Memex

Sang pembuat Memex, yaitu om Christopher White juga menginginkan agar Memex bisa digunakan untuk membantu memerangi aksi kejahatan yang kerap terjadi, seperti perdagangan manusia dan juga prostitusi online. Wah lantas gimana ya sistem kerja mesin pencari Memex ini?

Sebenernya sistem kerja mesin pencari ini rumit bero, namun secara garis besar, sistem Memex akan mengisi basis data miliknya sendiri dengan cara menyisir seluruh informasi yang ada di internet. Misalnya aja begini bero, ambil aja contoh tentang prostitusi online. Nah nanti sistem dari Memex akan mencari seluruh informasi yang berkaitan dengan prostitusi online, bisa juga mencari informasi dari iklan-iklan prostitusi online yang banyak diposting di internet.

Dan berdasarkan iklan prostitusi online tersebut, sistem akan mengambil informasi-informasi seperti nomor telepon, lokasi metadata, gambar, dan informasi-informasi lainnya. Nah dengan semua informasi tersebut, diharapkan pihak yang berwenang bisa menangkap para pihak yang terlibat dalam prostitusi online.

Terus apa bedanya mesin pencari Memex dengan mesin pencari yang lainnya seperti Google, Yahoo, dan juga Bing? Kalau Google, Yahoo, dan Bing memberikan hasil pencarian didasarkan pada iklan dan ditampilkan secara linear berdasarkan algoritma mesin pencari. Nah kalau mesin pencari Memex akan menyajikan informasi dalam bentuk infografis yang lebih canggih lagi, dan informasi tersebut akan susah dicari oleh Google dan mesin pencari yang lainnya. Atau dengan kata lain informasi yang diberikan oleh mesin pencari Memex akan lebih lengkap daripada informasi yang diberikan oleh mesin pencari yang lainnya.

Mesin pencari Memex ini tersedia secara gratis loh bero, dan bisa juga diakses secara bebas. Kedepannya, Christopher White ini menggunakan Memex untuk memerangi terorisme, seperti ISIS dan yang lainnya.

Gambar: Cewek Lagi Browsing Internet via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.