SkyCycle, Jalur Khusus Pesepeda Yang Berada di Angkasa

  • Share
Jalur Khusus Sepeda
Jalur Khusus Sepeda

NGONOO.com – Jika membaca judul di atas bisa jadi kalian gak akan percaya tentang jalur khusus pesepeda yang ada di angkasa, namun ternyata jalur tersebut memang benar adanya loh gais.

Semua pesepeda atau yang biasa disebut “goweser” pastinya akan sangat gembira dengan rencana pembangunan jalur khusus pesepeda di angkasa tersebut.

Dengan adanya jalur khusus sepeda, maka para pesepeda akan merasa aman untuk menggowes sepedanya. Berbeda jika menggowes di jalan raya, dimana kaum goweser biasanya dianggap sebelah mata oleh para pengendara kendaraan bermotor.

Namun goweser yang akan merasakan jalur khusus sepeda yang melayang di angkasa tersebut hanyalah goweser asal kota London, Inggris aja gais. Karena jalur tersebut atau dikenal dengan nama SkyCyle memang hanya akan dibangun di London.

SkyCycle
SkyCycle

SkyCycle sendiri dibangun di atas jalur kereta api dengan panjang mencapai 220 kilometer dan akan tergantung pada tiang di atas rel. Proyek SkyCycle juga sudah mendapatkan dukungan dari Network Rail and Transport London (TFL), karena itu hanya tinggal masalah waktu saja sampai jalur ini selesai dibangun.

Untuk bisa masuk ke jalur SkyCycle bisa melalui lebih dari 200 titik pintu masuk, tentu dengan adanya banyak pintu masuk tersebut akan memudahkan para goweser yang ingin menggunakan jalur SkyCyle ini.

Lantas siapa ya yang merancang SkyCycle? Ternyata orangnya adalah Lord Foster, mas Lord sendiri mengatakan bahwa desain SkyCycle tersebut merupakan pendekatan lateral untuk jawaban dari kota yang padat, sementara di sisi lain membutuhkan ruang untuk jalur khusus sepeda.

Mas Lord tidak membuat jalur SkyCycle ini sendirian aja loh gais, doi ternyata dibantu oleh Exterior Architecture dan Antariksa Sintaks dalam membuat/mengembangkan SkyCycle. Pada awalnya jalur ini hanya diusulkan dibangun di kota London saja, namun ternyata mereka malah berambisi untuk membangun jalur tersebut sampai keluar London.

Proyek SkyCycle sendiri merupakan sebuah proyek yang menatap masa depan kota London. Dimana pertumbuhan di London akan terus meningkat, dan tentu saja kota akan menjadi semakin padat.

Dengan semakin padatnya kota London, maka jalan juga akan semakin penuh. Jika sepeda punya jalurnya sendiri maka orang-orang akan bisa menghemat waktu untuk mencapai tempat tujuan tanpa perlu berdesakan dengan para pengguna kendaraan bermotor.

Pemerintah Indonesia sebenarnya bisa mencontoh ide untuk membangun jalur khusus sepeda tersebut, tentunya jika jalur khusus sepeda sudah tersedia, tidak menutup kemungkinan para pengguna kendaraan bermotor akan beralih ke sepeda. Dengan begitu masalah kemacetan akan bisa diatasi dan kualitas udara tentunya akan menjadi semakin bagus.

Gambar: Jalur Khusus Sepeda via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.