Arsip  

Toyota Kembali Ke Ajang Rally WRC Pakai Yaris

Toyota Yaris

NGONOO.com – Ajang WRC (World Rally Championship) merupakan ajang balapan mobil rally tingkat dunia. WRC sendiri merupakan ajang yang sangat bergengsi dan tidak sembarangan pembalap bisa ikut masuk ke dalam ajang rally ini.

Berbagai macam pabrikan mobil ikut terjun ke ajang ini dengan mobil andalannya. Toyota sendiri memang sebelumnya pernah ikut dalam kejuaraan rally dunia WRC, namun selama 17 tahun absen dari ajang tersebut. Dan kali ini Toyota dikabarkan sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk kembali ikut meramaikan balapan rally WRC, termasuk mempersiapkan mobil yang akan menjadi andalannya.

Pilihan Toyota jatuh kepada mobil compact yang banyak menghiasi jalan raya, apalagi kalau bukan Toyota Yaris. Namun tentu saja Toyota Yaris harus dipermak sana-sini agar bisa kompetitif mengikuti ajang rally WRC.

Toyota Yaris WRC
Toyota Yaris WRC

 

Toyota menargetkan pihaknya akan siap secara penuh untuk mengikuti ajang rally WRC pada tahun 2017 mendatang. Selain itu Toyota juga berharap bahwa Yaris WRC akan mampu mengikuti jejak pendahulunya dalam ajang ini, yaitu Toyota Celica GT Four yang sukses mengantarkan Toyota sebagai pemenang pada tahun 1990.

Toyota Yaris WRC dan Celica GT Four
Toyota Yaris WRC dan Celica GT Four

Untuk mengikuti ajang bergengsi rally WRC, Toyota Yaris dibekali dengan mesin turbocharged 4 silinder 1.6 liter. Tenaga yang bisa dikeluarkan Yaris WRC diklaim akan mencapai 300 hp (horse power). Untuk transmisi sendiri, Yaris WRC akan menggunakan transmisi 6 percepatan sequential gearbox dan sistem kopling ZF Sachs.

Toyota Yaris WRC
Toyota Yaris WRC

Presiden tim Toyota motorsports yaitu Yoshiaki Kinoshita mengatakan bahwa timnya mempunyai keahlian  dan tekad yang kuat untuk bisa sukses dalam ajang rally WRC. Pihaknya juga sedang merancang program agar Toyota bisa meraih kesuksesan lagi dalam ajang ini, selain itu pihaknya juga tengah mempersiapkan pelatihan pembalap muda yang akan digunakan untuk terjun dalam rally WRC.

Toyota Yaris WRC
Toyota Yaris WRC

Yaris WRC sendiri memang sedang dalam tahap ujicoba gais, dengan begitu Toyota akan benar-benar siap untuk mengikuti musim baru rally WRC pada tahun 2017 mendatang. Kita tunggu aja apakah Toyota akan bisa mengulangi kesuksesan yang dulu pernah mereka raih.

Gambar: Toyota Yaris via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.