Ini Sosok Safety Bike Yang Akan Mengawal Ajang Balap MotoGP

  • Share
Motor BMW S1000RR
Motor BMW S1000RR

NGONOO.comĀ – Ajang balap MotoGP musim 2015 yang akan segera berlangsung tidak lama lagi memang menjadi hal yang paling ditunggu oleh para pecinta MotoGP. Namun sebelum lomba dimulai, tidak ada salahnya jika kita membahas sesuatu yang berkaitan dengan MotoGP.

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang BMW M4 Coupe yang dijadikan safety car, maka kali ini kita akan membahas soal safety bike. Mungkin istilah safety bike jarang didengar ya bero, namun peran safety bike sendiri memang sangat penting.

Peran, baik itu safety car maupun safety bike memang sangat penting untuk mengawal lomba balap motor paling kencang sejagat ini. Soalnya kondisi sirkuit benar-benar harus dicek terlebih dahulu biar saat balapan dimulai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk safety bike balap MotoGP musim 2015 tahun ini menggunakan merek BMW. Motor yang dipakai adalah BMW S1000RR. Dan selama ini, orang yang bertugas untuk melakukan pengecekan kondisi sirkuit adalah Loris Capirossi, doi sebelumnya juga pembalap MotoGP loh bero.

BMW S1000RR
BMW S1000RR

Dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan pengecekan sirkuit, om Capirossi menggunakan motor dari salah satu konstentan/pembalap alias meminjam motor pembalap. Agak aneh juga ya, tapi ya itulah yang terjadi. Dan berhubung motor yang digunakan adalah motor pinjaman, om Capirossi juga tidak berani ngebut-ngebut, takut nanti jatuh.

Berhubung safety bike digunakan untuk mengawal ajang balapan motor paling kencang, maka motor yang digunakan tentunya juga harus kencang ya bero. Kan gak mungkin motor yang dipakai adalah motor matic atau motor bebek dengan kapasitas 100cc. Untuk BMW S1000RR sendiri memang termasuk dalam kategori motor ber-cc besar.

Tenaga yang dihasilkan mesin motor ini bisa mencapai 199 HP (Horse Power). Selain itu juga ada beberapa modifikasi yang dilakukan terhadap motor ini, seperti sistem transmisi yang disesuaikan sesuai dengan sistem transmisi motor yang ikut balapan motoGP, yaitu bisa pindah gigi tanpa harus menekan tuas kopling.

Walaupun sudah ikut berkontribusi dalam ajang balap MotoGP dengan memasok safety car dan safety bike, nampaknya BMW masih belum tertarik untuk ikut berlomba. Tapi semoga aja kedepannya BMW juga ikutan lomba ini, biar balapan MotoGP makin seru lagi bero.

Gambar: Motor BMW S1000RR via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.