Komputer Jadul Commodore 65 Terjual Dengan Harga Fantastis

  • Share
Komputer Jadul
Komputer Jadul

NGONOO.com – Halo sobat NGONOO yang berbahagia, pada kesempatan kali ini kita akan berbicara tentang barang jadul lagi. Setelah sebelumnya kita membahas motor jadul Honda yang diproduksi ulang, kali ini kita akan membahas soal komputer.

Komputer yang akan kita bahas kali ini mungkin banyak dari kalian yang belum mengenalnya. Emangnya komputer jadul merek apa sih yang akan dibahas?

Komputer tersebut mereknya Commodore, dan seperti layaknya barang jadul yang pernah jaya pada masanya, komputer Commodore tersebut banyak dicari oleh para kolektor loh. Sehingga jika ada yang menjualnya pasti harganya selangit.

Commodore 65
Commodore 65

Belum lama ini, komputer jadul Commodore 65 terjual di ebay dengan harga yang fantastis, yaitu $30.000 atau sekitar 384 juta rupiah. Edan banget kan harga jualnya bero. Tapi masih kalah edan dengan harga jual komputer Apple-1.

Emang sih komputer Commodore tersebut merupakan komputer yang sangat jadul, dan satu hal yang membuat Commodore 65 terjual dengan harga yang sangat mahal, yaitu komputer ini merupakan komputer prototype.

Itu berarti komputer ini tidak pernah dijual secara umum bero. Tidak ada yang tau pasti berapa buah komputer ini diproduksi, namun banyak yang bilang komputer ini diproduksi dengan jumlah sekitar 50-2.000 buah.

Dengan jumlah produksi yang sangat terbatas dan tidak dijual secara umum, tentu saja menjadikan Commodore 65 sebagai komputer yang sangat langka.

Makanya tidak heran kalau ada yang melelang komputer ini pasti bisa terjual dengan harga yang sangat tinggi. Pada lelang yang diadakan tahun 2009, komputer Commodore 65 yang masih berfungsi laku terjual dengan harga $9.000.

Sedangkan pada lelang yang diadakan tahun 2013, komputer Commodore 65 yang komponennya tidak lengkap malah bisa terjual dengan harga yang lebih tinggi, yaitu mencapai $26.000. Itu menandakan tidak ada patokan resmi dari harga komputer Commodore 65 tersebut.

Tapi memang sih bero, dalam hal menjual barang jadul tidak ada patokan harganya, apapun jenis barang tersebut. Apalagi kalau sudah ditawar sama kolektor, pasti dia berani membayar dengan harga yang mahal.

Makanya kalian kalau punya barang apa gitu harus diawet-awet bero, siapa tau aja besok kalau dijual bisa laku dengan harga yang tinggi.

Gambar: Komputer Jadul via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.