Tempat Ini Pernah Diguyur Hujan Selama 247 Hari Nonstop

NGONOO.com – Lagi musim hujan gini pasti banyak keluhan yang berbunyi “kok ujan terus sih?” “ih ujannya ga reda-reda deh” “yaah, ujan lagi”. Hayo ngaku, bro n sest pasti pernah melontarkan keluhan-keluhan itu kan pas lagi musim ujan gini?

Ya namanya aja musim hujan, jadi wajar dong kalo bakalan sering turun hujan. Ya walaupun mungkin akan menggaggu aktivitas sehari-hari, tapi jangan buru-buru dulu ngeluh soal hujan yang ga reda-reda ini gaes. Di Indonesia sendiri pada saat musimnya, paling lama hujan biasanya hanya turun selama sehari semalam. Ini masih ga seberapa lho gaes jika dibanding dengan hujan yang turun di Oahu, Hawaii. Loh emang hujan di Oahu Hawaii kenapa?

 shutterstock_161750759ilustrasi via Shutterstock

Jadi di Pulau Oahu, pulau terbesar ketiga dari Kepulauan Hawaii ini dikenal sebagai pulau yang pernah diguyur hujan terlama sepanjang sejarah. Di tahun 1993 lalu, Kaneohe Ranch, Oahu, Hawaii dilaporkan mengalami hujan berkepanjangan dan terus-menerus. Hujan di daerah ini turun selama 247 hari! Jika di total, masyarakat pulau ini selalu hidup dalam tetes air hujan dari tanggal 27 Agustus 1993 sampai 30 April 1994.

Tuh gaes, bayangin aja gimana jadinya kalo hujan terus-terusan turun selama 247 hari. Seharian hujan aja pasti banyak yang mager, apa jadinya kalo hujannya turun selama itu ya? hehe

Sebenarnya cuaca Oahu mirip dengan bagian lain di Amerika Serikat. Ada kalanya akan hujan dan ada kalanya cerah. Namun pada saat itu telah terjadi puncak cuaca aneh yang membuat turunnya hujan berkepanjangan selama 247 hari nonstop. Namun sampai saat ini, hal tersebut tak pernah terjadi lagi.

Ternyata selain pernah mengalami hujan berkepanjangan, Oahu juga dikenal memiliki cuaca ekstrem. Sejak tahun 1950-an, Oahu sempat diterpa oleh lima badai besar. Badai ini tak cuma menakutkan tapi juga menyebabkan kerusakan di pulau tersebut.

Hujan di Oahu ini mencatat sejarah hujan terlama di seluruh dunia. Sampai saat ini belum ada yang mampu mengalahkannya.
Di posisi kedua wilayah yang pernah mengalami hujan terlama adalah di Ketchikan, Alaska. Wilayah ini diguyur hujan selama 101 hari berturut-turut pada tahun 1953.

payung hujan via Shutterstock

Response (1)

  1. Wah, gimana kalau di Jakarta ya, dulu 4 hari berturut-turut saja sudah banjir dimana-mana, kalau hujan terus sampai lebih seminggu, bisa jadi lautan semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.