Rahasia Panjang Umur Dari Wanita-Wanita Tertua Di Dunia

  • Share

NGONOO.com – Banyak orang yang berharap bisa memiliki umur yang panjang, bahkan berharapnya bisa sampai usia 100 tahun. Ya alasaanya apalagi kalau bukan agar bisa lebih lama bersama orang-orang tersayang dan juga menikmati hidup. Namun jika tidak dibarengi dengan gaya hidup yang sehat, mungkin akan susah juga memiliki umur yang panjang.

Nah di dunia ini ada beberapa orang yang bisa hidup lebih dari 100 tahun, bahkan hingga lebih dari 110 tahun. Mereka disebut dengan supercentenarian.

Berikut ini adalah empat wanita yang sudah lahir sejak tahun 1800-an. Tentunya mereka telah menjadi saksi hidup dari berbagai peristiwa bersejarah seperti perang dunia, tenggelamnya Titanic, space race, dan banyak lagi. Dan ternyata di balik umurnya yang lebih dari satu abad, keempat wanita ini memiliki rahasia umur panjangnya. Apa aja rahasia mereka, yuk kita intip satu persatu.

1. Misao Okawa: 116 tahun, Jepang

wanita tertua misao okawaimage via Buddhika Weerasinghe/Getty Images

Misao Okawa saat ini memegang rekor orang tertua di dunia dengan usia hampir 117 tahun.  Wanita ini mengalahkan rekor manusia tertua dunia yang juga berasal dari Jepang juga, bernama Jiroemon Kimura, yang meninggal pada 2013 lalu. Misao Okawa lahir di Osaka, Jepang pada tahun 1898, ia akan merayakan ulang tahun ke-117 pada Maret tahun ini.

Okawa mengungkapkan rahasia awet mudanya, karena dia makan teratur tiga kali sehari. Dia pun gemar makan makanan berbahan dari ikan, salah satunya sushi. Selain sushi, ada dua kunci utama hidup panjangnya yaitu makan dan tidur yang cukup. Okawa mengaku tidur delapan jam setiap malam, dan satu lagi “Anda harus belajar untuk rileks” begitu kata Okawa.

2. Gertrude Weaver: 116 tahun, Arkansas

wanita tertua getrude weaverimage via eksposnews.com

Gertrude Weaver adalah orang Amerika tertua yang masih hidup dan merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 4 Juli. Dia tinggal di sebuah fasilitas perawatan orang tua dan relatif masih aktif.

Menurutnya, rahasia panjang umurnya adalah iman dan percaya pada Tuhan. “Anda harus mengikuti Tuhan. Jangan mengikuti orang lain,” katanya pada saat ulang tahunnya ke-116 Juli tahun lalu.

3. Jeralean Talley: 115 tahun, Michigan

wanita tertua Jeralean Talleyimage via 11alive.com

Jeralean Talley lahir pada tahun 1899 di Montrose, Georgia, tapi tinggal di sebuah peternakan di Inkster, Michigan. Dia pindah ke Michigan tahun 1935 dan menikah dengan suaminya, Alfred Talley pada 1936. Mereka telah hidup bersama selama 52 tahun sebelum sang suami akhirnya meninggal dunia terlebih dulu.

Kini ia tinggal dengan putrinya dan menikmati waktu bermain bersama cucu, cicit bahkan piutnya. Di usianya yang tak lagi muda, ia masih kuat untuk ikut acara memancing tahunan bersama keluarganya. Saran Talley untuk hidup panjangnya sangat sederhana: baik kepada orang lain. “Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan. Itulah cara saya hidup,” begitu ungkap Talley.

4. Emma Morano-Martinuzzi: 115 tahun, Italia

wanita tertua Emma Morano-Martinuzziimage via superstulatek

Emma Morano-Martinuzzi lahir hanya beberapa hari sebelum pergantian abad di November 1899. Rahasia panjang umurnya berasal dari kebiasaan dietnya yang tidak biasa Ketika berusia 20 tahun, Morano-Martinuzzi mengatakan bahwa dokter menyuruhnya untuk mengonsumsi satu telur mentah dan satu telur yang dimasak setiap hari, dan hal itu masih dia lakukan sampai sekarang.

Seklain itu, dia juga mengonsumi segelas susu saat makan malam. Rahasia lainnya adalah cukup tidur. Dia mengikuti pepatah lama: tidur lebih awal, bangun pagi-pagi. Dia pergi ke tempat tidur sekitar pukul 7 malam dan bangun sebelum pukul 6 pagi.

 

Ulang tahun ke 100 via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.