Alat Yang Dipasang Pada Smartphone Ini Bisa Digunakan Untuk Mendiagnosis Virus HIV

  • Share

NGONOO.com – Kemajuan teknologi semakin hari semakin terus berkembang. Semakin banyak alat-alat baru yang diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia sehari-hari. Selain itu, di dunia medis banyak berkembang pula alat-alat canggih untuk membantu pengobatan bahkan pendeteksi suatu penyakit.

Belum lama ini, peneliti dari Columbia University mengembangkan sebuah alat portabel disebut juga dongle untuk mendiagnosis HIV dan sifilis lewat tetesan darah. Alat portabel yang dicolokkan ke smartphone atau tablet ini bisa menunjukkan hasil tes hanya dalam waktu 15 menit saja.

alat pendeteksi hivimage via dailymail

Alat ini dianggap lebih murah jika dibandingkan dengan tes melalui laboratorium. Selain bisa terkoneksi pada smartphone, bentuknya pun kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Alat ini juga diharapkan memberi dampak besar bagi negara yang tidak memiliki banyak peralatan di laboratorium.

Sebelumnya alat ini di ujicoba kan pada 96 pasien di Rwanda. Dan sebagian besar dari pasien itu pun mengatakan akan merekomendasikan alat ini. Menurut mereka alat ini bagus karena waktu penggunaan yang cepat, kemampuannya membaca hasil terhadap beberapa penyakit dan kesederhanaan prosedurnya,

Profesor Sia dari Columbia University dalam jurnal Science Translational Medicine mengatakan “Dengan meningkatkan deteksi infeksi sifilis, kita bisa mengurangi angka kematian 10 kali lipat. Selain itu, bisa meningktakan tes HIV di tingkat masyarakat yang berdampak eliminasi penyebaran penyakit ini,”

hiv aids via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.