Ini Dampak Buruk Buat Kalian Yang Tidak Hobi Mandi

Cewek Lagi Mandi
Cewek Lagi Mandi

NGONOO.com – Mandi, sebuah kegiatan yang menyenangkan namun terkadang malas untuk dilakukan. Mungkin ada teman kalian yang gak hobi mandi gais, atau bahkan malah kalian sendiri yang gak hobi mandi?

Walaupun mandi itu menyegarkan, namun ternyata gak semua orang suka dengan kegiatan yang satu ini. Padahal setelah seharian tubuh beraktifitas, keringat dan kuman pasti menempel di badan, cara untuk menghilangkannya ya dengan mandi.

Gak kebayang kan gimana tubuh yang penuh keringat dan kuman tapi gak dibersihkan dengan cara mandi? Pastinya bakalan kotor banget dan gak nyaman, serta membuat tubuh menjadi bau.

Selain itu, tidak mandi dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan tubuh menjadi gatal dan mungkin bisa terkena infeksi. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 2,6 juta kelenjar keringat. Makanya kita pasti mengeluarkan keringat, entah itu dalam jumlah yang banyak maupun sedikit.

Kelenjar keringat sendiri terdiri dari dua macam, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar apokrin ini mengandung asam lemak dan berwarna kekuningan, karena itulah terkadang baju putih jika sudah dipakai terus-menerus maka pada bagian ketiak bisa berwarna kuning.

Nah kalau seandainya aja ada dari kalian yang gak mandi, maka secara tidak sadar kalian sudah dengan sukarela membiarkan keringat dan bakteri menempel di tubuh dalam jumlah yang banyak.

Akibatnya bisa aja kalian terkena penyakit kulit, seperti yang diakibatkan oleh jamur misalnya. Jika bakteri berupa jamur ada di permukaan kulit, hal itu belum menjadi masalah serius, namun jika saja bakteri tersebut masuk ke dalam aliran darah dan menyebar di dalam tubuh, dampaknya akan berbahaya buat kesehatan.

Dokter Lagi Meriksa Pasien Yang Terkena Penyakit Kulit
Dokter Lagi Meriksa Pasien Yang Terkena Penyakit Kulit

Selain bisa menyebabkan penyakit kulit seperti jamur, jarang mandi tentu bisa menyebabkan badan menjadi gatal-gatal. Mungkin sih ini bukan menjadi masalah. Namun jika sudah terjadi gatal-gatal dan kalian menggaruknya terlalu mantap, bisa saja kulit menjadi terluka, dan bakteri bisa masuk melalui kulit yang terluka tersebut.

Jarang mandi juga menyebabkan bau badan, hal ini pasti bikin risih orang-orang di sekitarnya. Bisa jadi kalian dikucilkan sama orang sekitar lantaran jarang mandi, mau digituin? Pastinya enggak dong.

Memang sih sampai saat ini dampak dari jarang mandi belum mengakibatkan kejadian yang fatal. Namun jika kalian peduli sama tubuh kalian dan orang-orang di sekitar kalian maka rajin mandilah.

Gambar: Cewek Lagi Mandi via Shutterstock

Responses (2)

    1. wohhh keconangan nek ra tau adus..pantesan kok twitterku mambu, jebul seko kowe to

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.