ASUS Zenfone Max Pro M2

Kabar Gembira, Xiaomi Akan Merilis Smartwatch

Arya Hanya | Teknologi | 16 Mar, 2015

NGONOO.com – Brand Xiaomi belakangan ini nampaknya semakin populer saja. Apalagi, kemunculan ponsel-ponsel Xiaomi yang bersaing dari sisi harga dan kualitas memang cukup menggoda. Bahkan, seseorang yang saya kenal sebagai penggemar cukup fanatik Apple sampai rela berganti menjadi pengguna Xiaomi.

Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Note, Mi 3, dan Mi 4 adalah beberapa tipe smartphone yang sudah bisa kita jumpai di Indonesia. Sebentar lagi kabarnya Xiaomi juga akan merilis Mi5 yang akan menjadi flagship mereka di tahun ini. Tapi nanti dulu, ini beda soal. Ini adalah tentang misi Xiaomi menjadi pesaing utama bagi Samsung dan Apple, alias merusak dominasi kedua perusahaan itu.

ilustrasi Xiaomi Smartwatch

ilustrasi Xiaomi Smartwatch

Masih ingat sekitar bulan November 2014 lalu? Sang CEO Hugo Barra mendapatkan pertanyaan apakah Xiaomi akan membuat sebuah smartwatch alias jam tangan pintar? Sang CEO menjawab kemungkinan tersebut bisa terjawab beberapa bulan mendatang, tergantung dari keinginan atau besarnya minat para konsumen.

Nampaknya, setelah Apple merilis Apple Watch secara resmi, Xiaomi semakin panas untuk membuat sebuah produk pesaing bagi Apple Watch tersebut. Sebenarnya bukan Apple saja yang ditantangin, GoPro yang selama ini dikenal sebagai merk action cam saja ditantangin oleh Xiaomi dengan produk kamera action nya yaitu Xiaomi Yi.

Kabar yang dilansir GizmoChina ini tentunya cukup menggembirakan. Pasalnya dengan banderol Apple Watch yang masih sangat tinggi, kemungkinan jika Xiaomi membuat smartwatch mereka akan mempelajari kelebihan dan kelemahan yang dimiliki para pesaing. Dan yang tak kalah penting, mereka bisa membuat harganya jauh lebih murah dengan kualitas yang mendekati atau bahkan setara.

Xiaomi akan bekerja sama dengan sebuah brand asal Tiongkok yaitu Hunami, untuk membuat Mi Band 2, alias gelang pintar dari Xiaomi generasi ke-2. Dengan desain sporty, sensor NFC baru, dan juga bluetooh serta akselarator.

“Misi saya adalah untuk membuat Xiaomi band (Mi Band) terlihat lebih baik,” kata Huang Wang yang merupakan CEO Hunami kepada 36 Krypton.

Tetapi selain itu, mereka juga sedang menggodok kemungkinan untuk membuat jam tangan pintar Xiaomi dengan bahan serta desain eksklusif, dengan banyak perbaikan fitur dari smartwatch yang sudah ada di pasaran.

“Apple telah membuat banyak kemajuan dalam hal pelacakan kesehatan menggunakan Apple Watch, tetapi mereka juga menyerah dalam banyak hal yang terkait dengan fungsi-fungsi kesehatan lainnya.” ungkap peneliti kepada 36 Krypton.

Huang Wang sang CEO Hunami, meyakini bahwa para peneliti dan tim Hunami telah menemukan solusi dari kesulitan-kesulitan yang dialami untuk membuat smartwatch lebih fungsional, dengan desain yang memukau.

Koh Huang juga menjelaskan, bahwa jika Xiaomi Smartwatch terwujud, yang pasti harganya akan lebih murah daripada kompetitor yang ada di pasaran.