Dituduh Jiplak Lagu, Jay-Z Disuruh Bayar Royalti

  • Share

NGONOO.com – Lagi-lagi ada kasus penyanyi yang terkena tuduhan plagiat alias menjiplak lagu milik orang lain. Dan kali ini yang mendapatkan tuduhan tersebut adalah rapper terkenal Jay-Z. Suami dari penyanyi cantik Beyonce ini dituduh telah menjiplak sebuah sample lagu milik seorang musisi asal Swiss.

Musisi asal Swiss tersebut bernama Bruno Spoerri. Ia bukanlah musisi yang masih berusia muda, melainkan musisi senior yang telah berusia 79 tahun. Bruno Spoerri marah karena Jay-Z telah mengambil sample lagu miliknya yang berjudul On The Way tanpa menghubunginya maupun meminta ijin terlebih dahulu.

jay z

Jay-Z dituduh menggunakan sample dari lagu On The Way untuk singlenya yang berjudul Versus di dalam album Magna Charta… Holy Grail. Meski awalnya menolak tuduhan tersebut, setelah 18 bulan berselisih, Jay akhirnya setuju untuk membayar separuh jumlah royalti yang diterimanya dari lagu Versus kepada Bruno Spoerri.

Jay-Z sendiri merupakan musisi sukses yang telah menjual 100 juta keping album dan telah memenangkan 19 Grammy dari awal karirnya. Hal tersebut membuatnya menjadi rapper nomor tiga terkaya di dunia. Kekayaan Jay Z ditaksir mencapai US$ 560 atau sekitar Rp 7,2 triliun.

Nah, bro n sest mungkin penasaran dimana sih letak kesamaan lagu Versus milik Jay-Z dengan lagu On The Way milik Bruno Spoerri, sehinga si Jay-Z sampai dicap menjiplak. Yuk kita cari tau perbandingannya di dua video dibawah ini.

Jay-Z – Versus

Bruno Spoerri – On The Way

Jay-Z via landmarkmedia / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.