Wanita Ini Menjual Minuman Smoothies Berbahan Plasenta

  • Share

NGONOO.com – Kalo kemarin-kemarin sempat heboh tentang berita penggunaan ASI oleh binaragawan untuk membantu pembentukan otot, kali ini ada yang lebih menghebohkan lagi gaes. Seorang wanita asal Inggris ini malah membuat smoothies atau semacam jus dengan campuran plasenta atau ari-ari. Smoothies ini terbuat dari sepotong plasenta seukuran kepalan tangan dicampur dengan buah dan pisang.

Wanita bernama Kathryn Beale ini tak hanya membuatnya, namun juga menjual smoothies plasenta tersebut. ia menjualnya dengan harga $ 38 atau sekitar Rp 494.000. Tak hanya itu, ia juga menjual kapsul plasenta dengan harga $ 224 atau sekitar Rp 2.900.00 per packnya.

Wanita berusia 41 tahun dari Wiltshire County, di South West England ini terlibat dalam placentophagy (penggunaan plasenta untuk dikonsumsi) beberapa tahun yang lalu, setelah bertemu pendiri Independent Placenta Encapsulation Network.

placenta-smoothiesKathryn Beale dan smoothies plasenta buatannya via odditycentral

Menurutnya, produk plasenta miliknya benar-benar aman dan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Kathryn juga mengatakan “Sebagian besar spesies mamalia makan plasenta mereka sendiri langsung setelah lahir, itu adalah normal dalam kerajaan hewan,” jelasnya.

Manusia sendiri memang belum secara umum mengkonsumsinya. Namun dalam plasenta sendiri penuh dengan berbagai macam zat dan hormon untuk membantu memperlancar produksi ASI dan mengatasi depresi pasca-melahirkan.

Kathryn menjelaskan caranya memperoleh plasenta adalah dari wanita yang akan melahirkan yang ingin memanfaatkan plasentanya, setelah proses kelahiran diusahakan plasenta dalam keadaan dingin dalam kantong es. Biasanya Kathryn akan mengambilnya dalam waktu kurang dari 24 jam, agar plasenta tidak rusak. Plasenta yang akan diolah, dicuci, diiris, kemudian dikeringkan, baru diolah dalam bentuk kapsul maupun smoothies.

Kalau ditanya bagaimana rasa smoothies plasenta yang ia buat, Kathryn menjawab “Anda benar-benar tidak bisa merasakan itu rasa plasenta, semua ibu (pembeli) memberitahu saya smoothies tersebut rasanya seperti buah. Karena memang ada jauh lebih banyak buah di setiap Smoothies daripada plasentanya.”

Placentophagy memang sedang populer di kalangan tertentu. Sebut saja para selebriti seperti Kim Kardashian dan Gwyneth Paltrow. Mereka diketahui telah mengkonsumsi plasenta untuk manfaat kesehatan. Namun sejauh ini masih dilakukan berbagai penelitian lebih lanjut tentang aman atau tidaknya serta manfaat mengkonsumsi plasenta bagi para ibu yang habis melahirkan.

Smoothies via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.