Hebat! Dua Pria Pecinta Lingkungan Yang Menderita Cacat Fisik Ini Telah Menanam 1000 Pohon Selama 10 Tahun

  • Share

NGONOO.com – Saat ini semakin banyak orang yang kurang peduli akan keseimbangan ekosistem lingkungan. Pohon-pohon dan hutan banyak yang ditebangi untuk membuka lahan pemukiman, maupun perkebunan. Tanpa disadari lahan hijau resapan air pun berkurang drastis sehingga dapat menyebabkan berbagai macam bencana. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan tersebut yang mestinya dipupuk oleh semua masyarakat dari berbagai kalangan.

Kalo sebagian masyarakat memilih seolah tak peduli dengan lingkungannya, maka hal berbeda terjadi pada sepasang partner pecinta lingkungan asal Cina ini. Keduanya bukanlah orang yang memiliki fisik sempurna, Jia Haixa mengalami kebutaan karena penyakit katarak dan kecelakaan yang dialaminya sedangkan temannya Jia Wenqi tidak memiliki kedua tangan karena diamputasi saat mengalami kecelakaan pada umur 3 tahun. Namun dibalik keterbatasan fisik yang dimiliki, mereka telah menanam kurang lebih 1000 pohon dalam waktu 10 tahun terakhir.

eco-heroes4
Jia Haixa & Jia Wenqi via Odditycentral

Kerjasama mereka berdua memang pantas untuk diacungi jempol. Mereka telah menjadi mata dan tangan untuk saling melengkapi satu sama lain, dalam bekerja menanam pohon di tiga hektar lahan di area sekitar sungai di desa Yeli, di utara China Provinsi Hebei.

Mereka berdua dipertemukan pada tahun 2001 saat keduanya mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan karena keterbatasan fisik yang dialami. Lalu mereka mempunyai ide untuk saling melengkapi kekurangan fisik mereka untuk dapat melakukan sebuah pekerjaan, yaitu menanam pohon. Selain mendapatkan sedikit uang sebagai hasilnya, pohon yang mereka tanam pun dapat bermanfaat bagi lingkungan.

eco-heroes-550x347Jia Haixa & Jia Wenqi via Odditycentral

Setiap harinya kedua partner ini berangkat dari rumah masing-masing pada pukul 7 pagi dengan membawa alat-alat untuk menanam pohon. Karena tidak memiliki modal, tak jarang bibit pohon yang ditanam mereka dapatkan dengan cara stek. Tentu saja hal tersebut tidak mudah dilakukan oleh kedua orang ini. Walaupun pekerjaan yang mereka lakukan terhitung berat dan tidak menghasilkan uang yang banyak, namun mereka melakukannya dengan baik dan penuh kebanggaan dan menemukan kedamaian dalam hati. Sampai saat ini mereka pun belum memiliki rencana untuk berhenti dari pekerjaannya tersebut.

eco-heroes3Jia Haixa & Jia Wenqi via Odditycentral

Wiih, salut ya gaes sama kegigihan dan kerjasama mereka berdua. Walaupun tidak sempurna, tapi dengan saling melengkapi kekurangannya mereka dapat melakukan hal yang sangat bermanfaat bagi keluarga, masyarakat sekitar dan yang pasti bagi lingkungan.

menanam pohon via Shutterstock

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.