Google Bekerjasama Dengan Johnson & Johnson Membuat Robot Asisten Bedah

  • Share
Robot Sedang Menganalisis Tubuh Manusia
Robot Sedang Menganalisis Tubuh Manusia

NGONOO.com – Google memang tidak ada henti-hentinya menciptakan inovasi dalam bidang kesehatan. Setelah beberapa saat yang lalu kami menginformasikan bahwa Google telah membuat tablet yang khusus dipakai untuk memerangi wabah Ebola, kini Google dikabarkan sedang mengembangkan sebuah robot.

Bukan robot yang biasa saja, melainkan sebuah robot asisten bedah yang khusus diciptakan untuk membantu para dokter dalam menjalankan tugasnya melakukan pembedahan terhadap pasien.

Robot Medis
Robot Medis

Namun ada satu hal yang menarik disini, dimana Google dikabarkan menjalin hubungan kerjasama dengan sebuah perusahaan Johnson & Johnson. Pastinya kalian udah tau kan dengan perusahaan tersebut? Biasanya sih perusahaan tersebut membuat produk-produk kesehatan dan juga kecantikan.

Baik Goole maupun Johnson & Johnson tentunya berharap jika robot asisten bedah yang sedang mereka kembangkan, bisa membantu profesional dalam bidang medis agar mendapatkan kontrol dan presisi yang lebih baik guna meminimalisir invasive untuk mempercepat kesembuhan.

Tim Google Life Science sendiri akan menggunakan teknologi imaging dan sensor untuk memberikan pencitraan lebih rinci dan menampilkan data analytic selama prosedur, seperti menyorot pembuluh darah, saraf atau tumor, dan menampilkan informasi bedah yang relevan pada saat yang tepat.

Semua informasi tersebut juga akan ditampilkan dalam tampilan overlay selama operasi berlangsung. Hal itu tentu saja akan memberikan kemudahan kepada dokter bedah karena ia tidak perlu melihat beberapa layar untuk mengakses data-data yang dibutuhkannya.

Worldwide Chairman Johnson & Johnson Global Surgery Group, yaitu Gary Pruden mengungkapkan bahwa kerjasama dengan Google merupakan suatu langkah yang sangat penting dalam komitmen perusahaan kami untuk memajukan perawatan bedah. Bersama-sama dengan Google, Johnson & Johnson bertujuan untuk memberikan ilmu, teknologi, dan kecakapan bedah terbaik di tangan tim medis yang ada di seluruh dunia.

Masih belum jelas juga penampakan robot yang sedang dikembangkan oleh Google dan Johnson & Johnson, kita tunggu saja sampai besok robot tersebut selesai dibuat.

Gambar: Robot Sedang Menganalisis Tubuh Manusia via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.