Alibaba Kembangkan Metode Pembayaran Baru, “Smile To Pay”

Cewek Lagi Dipindai Wajahnya
Cewek Lagi Dipindai Wajahnya

NGONOO.com – Ada inovasi yang baru lagi dari Alibaba nih bero, setelah sebelumnya Alibaba menggunakan jasa drone untuk mengantar barang, kali ini perusahaan e-commerce asal Tiongkok tersebut sedang mengembangkan sebuah metode pembayaran yang sangat canggih.

Metode pembayaran yang baru dikembangkan oleh Alibaba ini bernama “Smile To Pay“. Dan nampaknya metode tersebut akan lebih aman daripada metode pembayaran milik Apple, yaitu Apple Pay.

Smile To Pay sendiri menggunakan sistem pengenal wajah untuk melakukan pembayaran, dengan begitu metode pembayaran ini benar-benar akan aman dan tidak mungkin bisa dibobol. Sistem yang digunakan dalam metode pembayaran Smile To Pay pada dasarnya sama dengan Apple Pay bero, kalau Apple Pay menggunakan sensor pengenal sidik jari untuk menyetujui pembayaran, maka Smile To Pay menggunakan sensor pengenal wajah untuk menyetujui pembayaran.

Jack Ma, sang founder Alibaba mendemonstrasikan metode pembayaran revolusioner tersebut dalam acara konferensi CeBit yang diadakan di Jerman pada tanggal 15 Maret kemarin. Dalam demonstrasinya, Ma terlihat sedang menggunakan sebuah smartphone untuk berbelanja online di Alibaba, setelah menemukan barang yang ia inginkan, Ma lantas menekan tombol “buy“. Dan saat itu juga muncul sebuah menu pengenal wajah di layar smartphone. Menu tersebut lantas melakukan pemindaian terhadap wajah Ma untuk menyetujui pembayaran. Sangat canggih kan bero?

Jack Ma Mendemonstrasikan Smile To Pay
Jack Ma Mendemonstrasikan Smile To Pay

Ma juga mengatakan bahwa, melakukan jual beli online bisa sangat merepotkan. Hal itu lantaran pengguna harus mengingat terus password akunnya, selain itu kebanyakan pengguna juga masih merasa takut untuk berbelanja online. Oleh karena itulah hadir metode pembayaran Smile To Pay yang akan memberikan keamanan berlebih saat melakukan jual beli online.

Namun setelah demonstrasi yang dilakukan oleh Ma selesai, ia tidak membuka sesi tanya jawab. Sehingga masih belum jelas juga kapan metode ini akan diluncurkan oleh Alibaba.

Gambar: Cewek Lagi Dipindai Wajahnya via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.