Kamu Cegukan? Begini Cara Mengatasinya

  • Share
Obat Cegukan
Obat Cegukan

NGONOO.com – Halo sobat NGONOO, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips yang mungkin akan sangat berguna buat kalian. Jika pada beberapa waktu yang lalu kami sudah memberikan tips mengatasi gigi yang linu, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana mengatasi yang namanya cegukan.

Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami yang namanya cegukan. Memang sih, jika dibiarkan cegukan akan hilang dengan sendirinya, tapi buat beberapa orang ada yang cegukan secara terus menerus loh, bahkan sampai berbulan-bulan. Kalau udah cegukan terus gitu kan bisa mengganggu aktivitas juga ya.

Nah, jika ada dari kalian yang sering mengalami cegukan, berikut cara-cara yang bisa kalian praktekkan guna menyembuhkan cegukan tersebut.

1. Minum Air Putih

Cewek Bawa Segelas Air Putih
Cewek Bawa Segelas Air Putih

Hal paling mudah untuk mengatasi yang namanya cegukan adalah dengan minum air putih. Kalau bisa sih minum air putih yang hangat, tapi jangan hanya satu-dua teguk aja, minumlah air putih yang agak banyak. Tapi jangan banyak-banyak banget, nanti ndak perutnya kembung.

2. Tahan Nafas

Cewek Lagi Tahan Nafas
Cewek Lagi Tahan Nafas

Banyak yang bilang jika sedang mengalami cegukan, cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan tersebut adalah dengan menahan nafas. Ternyata cara ini ampuh juga loh, coba kalian tahan nafas selama 10 detik, jangan terlalu lama nanti takutnya kalian malah pingsan. Lakukan cara ini berulang-ulang sampai cegukan hilang.

3. Membalik Posisi Badan

Untuk menghilangkan cegukan, kalian bisa mencoba menerapkan cara ini, yaitu membalik posisi badan. Jungkir balikkan badan sehingga kaki di atas dan kepala di bawah.

4. Tengadahkan Leher ke Belakang

Ini juga termasuk cara mudah yang bisa kalian lakukan. Tengadahkan leher sedikit ke belakang, setelah itu masukkan gula pasir sebanyak satu sendok teh di lidah kalian. Tunggu sebentar, jangan ditelan dulu. Nanti setelah muncul ludah yang bercampur dengan gula, segera telan dan segera minum air putih setengah gelas.

5. Pijat Langit-Langit Mulut

Kalian bisa memijat langit-langit mulut dengan menggunakan jari tangan, pijat secara perlahan dan lembut sampai cegukannya hilang. Kalau cegukannya sudah hilang jangan lupa cuci tangan ya.

6. Makan Selai Kacang

Selai kacang ternyata dipercaya bisa menghilangkan cegukan. Coba kalian memakan satu sendok selai kacang, gak usah pakai roti tawar loh ya. Tekstur selai kacang yang lengket dipercaya bisa mengubah irama pernafasan, sehingga cegukan bisa hilang.

7. Oleskan Minyak Kayu Putih

Cukup oleskan minyak kayu putih dari bagian leher sampai perut. Setelah nanti area tersebut terasa hangat, organ-organ bagian dalam akan bisa berfungsi normal kembali dan cegukan juga akan bisa hilang.

8. Mengunyah Lemon

Siapkan satu iris lemon yang masih segar dan segera dikunyah-kunyah. Cara tersebut ternyata dapat mengganggu polas impuls saraf vagus dan bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan.

9. Menahan Air di Dalam Mulut

Pada saat posisi berdiri tegak, coba kalian menahan air di dalam mulut sampai mulut kalian mengembung. Setelah itu, tundukkan badan kalian secara perlahan seperti gerakan mencium lutut, pada saat kalian melakukan gerakan tersebut jangan lupa untuk menelan air sedikit demi sedikit. Jika sudah, segera tegakkan kembali badan kalian.

Nah itu dia beberapa tips dari kami yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan cegukan yang kalian alami, jika saja cara di atas sudah kalian praktekan namun cegukan belum juga hilang, segera periksakan diri kalian di rumah sakit terdekat.

Gambar: Obat Cegukan via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.