Tips Menghadapi Ujian Nasional

  • Share

NGONOO.com – Sebetar lagi dedek-dedek kelas IX SMP dan XII SMA di seluruh Indonesia harus menjalani suatu proses yang menjadi penentuan akhir dari masa studi mereka di jenjang sekolah masing-masing, alias Ujian Nasional. Banyak yang bilang, Ujian Nasional itu adalah tiga hari penentuan untuk tiga tahun masa belajar yang telah dijalani. Oleh karena itu banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional tersebut. Mulai dari persiapan mental, fisik, dan juga persiapan materi yang akan diujikan.

Jadwal Ujian Nasional sendiri pada tahun 2015 kali ini, buat dedek kelas XII SMA akan dimulai Senin, 13 April 2015 sampai Rabu, 15 April 2015. Sedangkan buat dedek kelas IX SMP akan dilaksanakan tiga minggu kemudian tepatnya Senin, 04 Mei sampai Kamis, 07 Mei 2015.

Karena udah tinggal bentar lagi, berikut ini kita mau bagi sedikit tips buat kamu dedek-dedek kelas IX SMP dan XII SMA yang akan berjuang menghadapi Ujian Nasional biar ujiannya lancar jaya. Apa aja tipsnya? Yuk langsung disimak 😀

1. Persiapan ‘Peralatan Tempur’

shutterstock_210866272 (1)
alat tulis ujian via SHutterstock

Alat tempur yang dimaksud bukan senjata atau semacamnya ya gaes, karena alat tempur yang dipake pejuang Ujian Nasional adalah seperangkat alat tulis yang dibayar tunai. Di momen Ujian Nasional ini buat dedek-dedek SMP SMA yang biasanya ke sekolah ga pernah bawa alat tulis alias hobi minjem sana sini, plis banget kali ini bawa alat tulis sendiri ya 🙂

Nah, alat tulis yang wajib dibawa pastinya adalah pensil 2B ya gaes. Inget, 2B bukan 3B, 4B atau malah 34B lho ya. Diusahakan jangan cuma bawa satu biji ya gaes. Takutnya kalo pas lagi semangat melingkari jawaban, terus pensil kamu patah kan repot juga tuh. Misal pengen lebih praktis lagi kamu bisa serut dua sisi pensil 2B kamu, jadi satu pensil bisa ada dua mata pensilnya gaes.

Selain pensil 2B, jangan lupa juga bawa penghapus, rautan, dan penggaris selengkap mungkin. Soalnya kalo ga lengkap sekalian agak sedikit susah buat pinjem-pinjeman sama temen pas ujian nantinya. Bisa-bisa kamu dipelototin sama pengawas yang lagi bertugas, kan syerem hihi 🙂

2. Persiapan Mental

shutterstock_179428688berdoa via Shutterstock

Kalo persiapan peralatan tempur udah oke, selanjutnya adalah persiapan mental. Ini penting juga gaes, karena kalo kita ga tenang dan panik bakal berpengaruh juga pada saat mengerjakan soal ujian nantinya.

Tipsnya adalah kamu mesti berpikir positif, tenang, dan rileks. Salah satu caranya adalah dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Dengan kamu berdoa dan beribadah, secara tidak langsung hati kamu akan lebih tenang. Selain itu dukungan dari orang-orang terdekat seperti orangtua, saudara dan teman juga dipercaya bisa membuat kamu lebih berpikir positif. Kalo udah tenang dan bisa berpikir positif, otomatis kamu akan jadi lebih rileks gaes.

Inget, jangan menganggap UN itu sebagai momok yang mengerikan. UN itu ga seserem yang dibayangkan kok. Asal kamu siap materi, dan siap mental dijamin UN ga akan berasa berat. So, ga usah dibuat stres ya gaes 😀

3. Persiapan Fisik

shutterstock_252828487makan sehat via Shutterstock

Persiapan fisik ini bukan berarti kamu mesti latihan fisik atau olahraga berat lho gaes. Persiapan fisik yang dimaksud adalah kondisi badan kamu. Sebelum ujian kesehatan dan kondisi badan harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai pas hari H kamu justru badan kamu drop dan sakit. Biasanya yang bikin badan drop menjelang UN adalah tingkat stres yang tinggi dan pola belajar yang sampai larut malam alias begadang.

Tipsnya agar fisik kamu tetap prima menghadapi UN adalah, dengan makan teratur dengan makanan sehat dan bergizi, jangan begadangan, jangan ujan-ujanan, melakukan olahraga ringan, dan satu lagi jangan makan-makanan pedes dulu sehari sebelum UN. Ga lucu juga kan pas lagi ngerjain soal, perut kamu mules-mules 😐

shutterstock_258325166kamu oke via Shutterstock

Nah itu tadi beberapa tips buat dedek-dedek kelas IX SMP dan XII SMA dalam menghadapi UN yang sudah di depan mata. Ingat, tetap berpikir positif, tenang dan jaga kesehatan ya gaes. Selamat berjuang, do the best, semoga sukses dan bisa 100% LULUS 😀

Siap Ujian? via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.