Ini Dia 10 Tips Jitu Dan Ampuh Jika Ingin Membeli Smartphone Bekas

  • Share

NGONOO.com – Bingung mau beli smartphone tapi dananya terbatas.?? Sekarang kalian tidak perlu khawatir untuk membeli smartphone bekas. Jika ingin membeli smartphone bekas atau sejenisnya, kalian harus tau tips dan triknya bagaimana cara membedakan Smartphone bekas yang masih bagus dan Smartphone bekas dengan kualitas yang sudah tidak bagus lagi.

Kebanyakan diantara kita membeli Smartphone bekas tanpa mengeceknya terlebih dahulu, setibanya dirumah kalian baru sadar ternyata barang yang dibeli telah cacat atau tidak sesuai seperti yang diharapakan, Kecewa bukan kepalang. Tapi it’s oke, kekhawatiran sudah berlalu, kini saatnya memberikan solusi buat kamu yang ingin membeli Smartphone 2nd agar tidak kecewa-kecewa banget. Ini Dia 10 Tips Jitu Dan Ampuh Jika Ingin Membeli Smartphone Bekas :

1. Periksa Kelengkapan

Box Xiaomi via hardwarezone.com.ph
Box Xiaomi via hardwarezone.com.ph

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah mengecek terlebih dahulu kelengkapan dari smartphone yang ingin anda beli. Misalnya seperti box, manual, kartu garansi dan aksesoris pendukung lainya. Selain dapat memberikan kepuasan tersendiri, anda tidak perlu lagi repot membeli aksesoris tambahan.

2. Periksa Body 

Body Sample via raqwe.com
Body Sample via raqwe.com

Memeriksa kondisi smartphone tidak perlu keahlian khusus, asal anda cermat dan teliti, maka anda akan tau sedikit banyak kelecetan pada smartphone 2nd yang ingin anda beli. Jika lecet dibagian casing, masih bisa di ganti dengan casing yang baru (khusus yang casing bisa di ganti). Tapi untuk iPhone misalnya, kelecetan pada casing harus kalian pertimbangkan, masalahnya casing iPhone adalah casing yang di desain unibody, sehingga jika lecet biaya yang dibutuhkan untuk mengganti casing lumayan menguras kantong.

3. Periksa Screen Pada Smartphone

Screen Sample via sindywarren.com
Screen Sample via sindywarren.com

Setelah anda selesai mengecek bagian fisiknya, kini anda harus mengecek screen layar pada smartphone. Jika anda seorang yang perfeksionis, maka kelecetan atau goresan sedikitpun bisa mengurungkan niat anda untuk membeli smartphone. Sekalipun screen sudah dilengkapi dengan anti gores seperti Corning Gorilla Glass.

Anda juga harus memastikan bahwa screen pada semartphone anda tidak mengalamai dead pixel. Dengan cara memaksimalkan tingkat kecerahan pada smartphone yang ingin anda beli. Bisa juga menggunakan aplikasi seperti Dead Pixel Test yang bisa anda download di Google play. Pastikan anda tidak menemukan titik kecil (dead pixel) pada screen smartphone.

4. Periksa Screen Multitouch

Asus Zenfone 4 Screen

Untuk yang satu ini anda bisa menggunakan aplikasi Multitouch Tester. Periksa responsivitas screen dalam menerima sentuhan. Satu, dua, tiga dan maksimal sampai sepuluh.

5. Periksa Suara Pada Speaker

via hammacher.com
via hammacher.com

Perlu diketahui setiap smartphone memiliki dua jenis speaker, yakni speaker untuk musik dan untuk menelepon. Pastikan dua speaker tersebut bisa berfungsi dengan baik.

6. Periksa Konektivitas

via frontrowelectronics.typepad.com
via frontrowelectronics.typepad.com

Beberapa konektivitas yang wajib anda cek adalah Bluetooth dan WiFi. Dua Komponen ini sangat penting untuk smartphone yang akan anda miliki.

7. Periksa Port Dan Slot Yang Tersedia

via the-gadgeteer.com
via the-gadgeteer.com

Port charger, audio dan SIM Card perlu anda cek terlebih dahulu jika anda tidak ingin menyesal setelah tibanya anda dirumah.

8. Periksa Kamera Pada Smartphone

Kamera Smartphone via pusatgratis.com
Kamera Smartphone via pusatgratis.com

Cara mengecek apakah kamera masih bagus atau tidak, yaitu dengan cara memotretnya ke suatu objek. Anda juga bisa memotret dengan menutup lensa kamera, jika gambar yang di hasilkan adalah gelap maka kamera normal. Tapi jika gambar yang di hasilkan berwarna lain atau ke ungu-unguan maka kamera tidak normal atau rusak.

9. Periksa Kondisi Batrai

Batrai pada smartphone memiliki masa pemakaian. Biasanya batrai pada smartphone dirancang dengan pengisian hingga 1.000 kali. Jika anda melakukan pengisian daya setiap harinya satu kali berati masa batrai sama dengan kurang lebih tiga tahun.

Asus Zenfone 4 Screen

Untuk memeriksa kesehatan batrai smartphone, anda juga bisa melakukan kombinasi ini *#*#4636#*#*, lalu pilih menu battery Information.

Asus Zenfone 4 Screen 2

Asus Zenfone 4 Screen 3

10. Minta Garansi Personal

via pcworld.com
via pcworld.com

Jika memungkinkan, alangkah baiknya anda melakukan kesepakatan sebelum membeli smartphone bekas. Dengan meminta garansi sekitar 3 hari, agar anda dapat mengetahui fungsi smartphone berjalan dengan normal.

Meskipun agak repot, setidaknya kalian sudah berusaha yang terbaik untuk mendapatkan smartphone 2nd dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

Yups.. Oke sudah, semoga artikel ini bisa membantu kalian semua dalam menemukan smartphone 2nd kelas baik.

 

Image Helpful Tips via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.