Pecatur Ini Ketahuan Curang Karena Menggunakan Aplikasi Catur di iPhone

  • Share
Permainan Catur
Permainan Catur

NGONOO.com – Olahraga catur memang termasuk olahraga kelas berat, tapi bukan berat karena harus mengeluarkan tenaga berlebih, melainkan berat karena harus berpikir lebih keras.

Berbicara soal catur, baru-baru ini ada sebuah kejadian unik, dimana ada seorang pecatur yang menggunakan sebuah aplikasi catur di iPhone untuk melawan seorang grand master catur tingkat dunia.

Kejadian tersebut terjadi pada saat ajang turnamen Dubai Terbuka 2015 digelar. Adalah seorang pecatur bernama Gaioz Nigalidze yang melawan grand master catur tingkat dunia, Tigran Petrosian.

Aksi Gaioz mulai dicurigai oleh Tigran, lantaran pada saat mereka berhadapan, Gaioz sering ijin untuk pergi ke toilet. Tidak lama kemudian, Tigran lalu melaporkan hal tersebut ke pada panitia.

Setelah diselidiki lebih jauh, terungkap sudah jika Gaioz sering ijin pergi ke toilet untuk melihat atau mencontek aplikasi catur yang ada di iPhone miliknya. iPhone tersebut disembunyikan dengan cara dibungkus kertas dan di dalamnya terdapat aplikasi catur yang isinya berupa analisis pertandingan pada saat ia sedang berhadapan dengan Tigran.

Gaioz Nigalidze
Gaioz Nigalidze

Akibatnya, Gaioz dilarang untuk melanjutkan pertandingan dan dia langsung didiskualifikasi oleh pihak panitia penyelenggara.

Gaioz sendiri bukanlah seorang pecatur biasa, dia merupakan pecatur yang berhasil menjadi juara catur Georgia, bahkan sampai dua kali. Dengan aksi yang dilakukannya tersebut, banyak pihak yang meragukan validitas karir caturnya.

Nah, ini bisa menjadi contoh buat kalian juga, kalau mau jago main catur pakailah aplikasi catur yang ada di smartphone. Siapa tau besok kalian diajak main catur sama calon mertua kalian, ya gak?

Gambar: Permainan Catur via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.